PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Yen Anjlok Terus; Bursa Jepang Bersemangat

Rabu, 3 September 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi kenaikan yang cukup signifikan (3/9). Bursa saham Jepang tampak membukukan kenaikan yang membawa indeks spot Nikkei naik untuk tiga sesi berturut-turut. Indeks Nikkei pagi hari ini menguat ke level paling tinggi dalam satu pekan.

Bank sentral Jepang hari ini memulai rapat bulanan yang akan berlangsung selama dua hari. Rapat tersebut akan membahas mengenai kebijakan moneter bank sentral Jepang ke depannya. Pagi ini indeks non manufaktur Tiongkok untuk bulan Agustus lalu mengalami kenaikan dibandingkan dengan PMI bulan Juli. PMI sektor jasa di Tiongkok berada di level 54.4 poin yang mengindikasikan pertumbuhan yang solid pada sektor jasa.

Indeks spot Nikkei tampak melejit ke level paling tinggi dalam tujuh pekan belakangan di awal perdagangan pagi ini. Melemahnya yen menjadi faktor utama yang mengangkat Nikkei. Yen pagi ini anjlok ke level paling rendah dalam tujuh bulan terhadap dollar AS.

Saham perusahaan pengecer Fast Retailing membukukan kenaikan yang cukup signifikan pagi ini. Fast rally sebesar 3 persen setelah mengumumkan bahwa penjualan di bulan Agustus mengalami kenaikan sebesar 3.8 persen dibandingkan bulan Juli sebelumnya.

Hari ini indeks spot Nikkei terpantau alami kenaikan yang cukup baik. Indeks spot tersebut dibuka menguat sebesar 118.98 poin atau setara dengan 0.76 persen dan berada pada posisi 15787.58.

Indeks berjangka Nikkei 225 mengalami pembukaan pada posisi 15795 pagi ini. Indeks berjangka tersebut mengalami kenaikan tipis sebesar 25 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka sudah tampak mengalami kenaikan lanjutan dan berada pada posisi 15805 poin.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 15700 ? 15900 poin.

Sumber : Vibiznews?

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia