PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Wow, Kecepatan Lidah Bunglon Kalahkan Supercar

Wow, Kecepatan Lidah Bunglon Kalahkan Supercar

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Rhampholeon spinosus adalah bunglon berhidung pendek yang? sebesar ujung ibu jari manusia, tapi jangan remehkan ukurannya karena ujung lidah kadal kecil ini adalah salah satu mesin paling kuat di Bumi.

Menurut hasil penelitian terbaru yang dilaporkan Gizmodo, Selasa (5/01/2016), bunglon ini punya lidah yang bergerak lebih cepat dari sebuah mobil super. Dia memiliki akselerasi kecepatan lidah 264 kali lebih cepat dibanding gravitasi Bumi.

Hasil studi yang dilakukan biofisikis Christopher Anderson ini menunjukkan bahwa mobil Tesla Model S mampu berjalan dari kecepatan 0 hingga 60 m/jam dalam tiga detik, sementara bunglon mampu meraih kecepatan yang sama hanya dalam waktu satu pertiga ratus waktu Tesla.

Anderson mengumpulkan 20 spesies bunglon yang berbeda dari ukuran tubuh. Satu persatu dia rekam dengan kamera yang mampu melambatkan pergerakan hingga 3.000 fps. Dengan begitu, dia bisa menghitung kecepatan, jarak, akselerasi yang dibutuhkan tiap spesies untuk melempar lidah dan mendapatkan mangsa.

Menurut Anderson, semakin kecil bunglon maka semakin cepat akselerasinya. R. spinous telah mengalahkan spesies lain dan lidahnya memiliki kekuatan terbesar (14.040 watt per kg).

“Sebelum penelitian ini, bunglon diketahui hanya mengeluarkan lidah dua kali panjang tubuhnya, dengan akselerasi hampir 50 gram dan level kekuatan 3.185 w/kg, namun hipotesaku menyebutkan semakin kecil hewannya maka semakin tinggi performanya dan sangat mengagumkan untuk melihatnya sendiri?” terang Anderson.

Rahasia kekuatan bunglon adalah lapisan tipis ujung lidahnya yang elastis. Lidah ini bekerja seperti panah yang ditarik ke belakang dulu sebelum ditembakkan ke sasaran dengan lebih kuat, jauh, dan cepat. Ini membuat bunglon kecil lebih mudah menangkap mangsanya.

Kendati demikian, R. spinosus masih kalah cepat dengan spesies salamander Bolitoglossa. Hewan ini adalah spesies paling cepat menyambar mangsa mereka hanya dengan sentuhan ujung lidah.

 

 

Sumber : Vemale