PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Waspada, microSD Palsu Kapasitas Mewah & Harga Murah Beredar di Pasaran

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Pernah melihat penawaran sebuah microSD dengan kapasitas super besar namun memiliki harga yang menggiurkan? Jangan senang dan antusias untuk membelinya. Bisa jadi, produk yang Anda incar tersebut adalah sebuah microSD palsu, dalam artian, kualitas tidak sebanding dengan harganya, serta tidak terjamin kebenarannya. Bahkan saat ini microSD palsu ini telah berani menggunakan brand-brand terkenal, seperti Samsung, Kingston, hingga SanDisk.

Sama seperti kasus Flash Disk palsu, microSD palsu ini memiliki kapasitas asli yang tidak sesuai dengan apa yang tertera pada produknya. Jangan heran bila Anda membeli microSD 64 GB ternyata kapasitas aslinya hanya 8 GB saja. Perkembangan teknologi begitu pesat, hingga sang pembuat microSD palsu ini bisa membuat perangkat Anda bisa dan akan mencoba untuk merekam data pada space yang bahkan tidak pernah ada. Bila hal ini terjadi, maka data-data yang sudah ada akan ditumpuk, atau overwrite, atau bahkan berujung pada kerusakan teknis seperti tidak terbacanya data tersebut.

Pada kasus lain, microSD palsu ini memiliki kemampuan baca dan rekam data yang sangat lambat. Bila hal ini dibiarkan secara terus menerus, jangan kaget bila smartphone canggih Anda akhirnya terkena dampak dari microSD tersebut, seperti lag atau bahkan mengalami crash. Sering mengalami hal ini? Coba cek keaslian microSD Anda.

Makin banyaknya peredaran microSD palsu ini tak lepas dari kebiasaan para manufaktur Tiongkok, yang tampaknya memiliki falsafah, menjiplak bukanlah hal yang buruk untuk dilakukan. Banyak produk-produk palsu datangnya dari negeri Tirai Bambu tersebut. Melihat kemasan dari microSD palsu, tampaknya sangat sulit untuk membandingkannya dengan yang asli, kecuali mungkin harga yang jauh lebih murah. Selain itu, perhatikan pula bila ada susunan logo, gambar, atau tulisan yang mencurigakan, mungkin itulah saat yang tepat untuk tidak membeli barang tersebut. Ingat, “bila kemasan atau segel rusak, jangan dibeli.”

Hanya satu cara untuk menghindari membeli microSD palsu. Belilah dengan harga yang terpercaya dan di tempat yang terpercaya. Jangan terbujuk “rayuan gombal” berupa harga yang sangat murah. Misalnya, sebuah microSD dengan kapasitas 512 GB dan memiliki harga cuma Rp 100 ribuan saja yang ditawarkan di eBay. Anda akan banyak menemukan barang-barang ini di toko-toko online lokal mau pun internasional.

Belilah barang di toko dengan reputasi yang bagus, yang akan memberikan garansi ganti barang atau uang kembali bila ternyata microSD tersebut adalah palsu. Jangan lupa pula untuk memiliki sebuah aplikasi penguji keaslian microSD, yaitu SD Insight, yang bisa Anda download melalui tautan di bawah artikel ini.

Ingat, harga menentukan kualitas barang. Lebih baik membeli dengan harga mahal tetapi sesuai dengan yang Anda inginkan, daripada tersenyum di saat membeli, hanya untuk ditangisi di lain hari.

 

 

Sumber : Gopego