PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Wanita Jika Stres Saat Kecil Lebih Berisiko Gemuk Ketika Dewasa

Banyak sekali yang menjadi penyebab dari tubuh gemuk. Pola makan yang tidak sehat juga merupakan faktor yang amat berpengaruh. Seperti yang dilansir oleh dailymail.co.uk, sebuah penelitian telah menujukkan bahwa stres pada masa kecil meningkatkan resiko kegemukan saat dewasa.

?Temuan ini menambah pemahaman kita tentang bagaimana stres anak adalah sopir yang lebih penting dari kenaikan berat badan jangka panjang dari stres dewasa, dan bagaimana proses tersebut berbeda untuk pria dan wanita,” kata Hui Liu, profesor sosiologi di Michigan State University.

Para peneliti melihat data dari Amerika ‘Mengubah Hidup, survei nasional di mana peserta diwawancarai empat kali dalam jangka waktu 15 tahun. Penelitian ini melibatkan 3.617 orang, 2.259 perempuan dan 1.358 laki-laki.

Wanita yang mengalami tingkat stres yang lebih tinggi masa menambah berat badan lebih cepat daripada wanita yang mengalami stres masa kurang.

Perubahan massa tubuh adalah proses yang terbentang sepanjang hidup, Liu mengatakan, dan masa kanak-kanak dapat menjadi periode penting untuk membangun pola yang memiliki dampak jangka panjang pada berat perempuan dari waktu ke waktu.

Mengapa ini cenderung lebih besar terjadi pada wanita? Karena wanita mungkin mengatasi stres dengan makan lebih banyak, laki-laki dapat menarik atau minum alkohol.

Depresi juga berkaitan dengan emosi makan dan berat badan, dan perempuan lebih mungkin dibandingkan laki-laki menjadi depresi setelah masa remaja.

Penulis penelitian mengatakan temuan ini menyoroti kebutuhan untuk pengobatan dan kebijakan yang dirancang untuk mengurangi stres pada anak.

Para ibu, perhatikan kondisi mental anak ya, karena kondisi mental saat kecil akan berpengaruh pada kehidupannya dalam jangka panjang.

 

Sumber : Vemale