PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Trik Atasi Ngantuk Ketika Bekerja Sambil Puasa

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/831852/big/060085700_1426744206-lelah.PNG

PT. Rifan Financindo Berjangka, Jakarta Mengantuk memang menjadi musuh besar saat puasa. Alasannya karena waktu tidur berkurang akibat harus bangun untuk sahur, salat tarawih, dan kelelahan karena kurangnya asupan nutrisi.

Sering mengantuk juga merupakan gejala kalau Anda kurang olahraga, punya anemia, bahkan menderita diabetes. Tapi jangan biarkan kantuk menganggu produktivitasmu di kantor.

Trik berikut membantumu mengenyahkan rasa kantuk selama berpuasa seperti dikutip dari CekAja.com, Selasa (14/6/2016)

Menggerakkan badan

Cahaya lampu, dengung mesin fax, monitor komputer, dan dinginnya AC bisa membuat mata terasa berat. Saat dirasa kantuk mulai menyerang, tinggalkan meja kerja untuk berjalan-jalan sebentar.

Anda juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging kecil, lari naik turun tangga, push up, atau sit up. Saat olahraga jantung berdetak lebih cepat memompa darah yang mengalirkan banyak oksigen ke otak. Hasilnya Anda tidak akan ngantuk lagi.

Menciptakan efek kaget

Coba ingat-ingat. Anda pasti pernah mengalami kejadian saat sedang tidur nyenyak lalu terbangun karena kaget. Misalnya kaget karena sadar terlambat bangun padahal hari itu ada ujian penting. Rasa kantuk pun langsung hilang karena Anda segera bergegas ke kamar mandi.

Anda pun bisa menciptakan efek terkejut yang sama saat merasa ngantuk di kantor. Caranya dengan menonton film horor, thriller, atau action.

Pasang target

Orang yang terburu-buru atau sedang berada pada fokus tinggi tidak akan merasa ngantuk. Ciptakan situasi ini dengan memasang target, misalnya Anda bertekad menyelesaikan suatu pekerjaan sebelum jam satu siang. Cara ini membuat otakmu bekerja keras untuk tetap fokus sehingga rada kantuk pun sirna.

Dengarkan musik upbeat

Jangan dengarkan musik bertempo lamban yang justru semakin membuaimu ke alam mimpi. Tapi dengarkan musik yang membuatmu bersemangat bahkan berjoget.

Tertawa

Saat jenuh, coba ajak teman di sebelahmu mengobrol lalu ceritakan lelucon lucu atau sekedar curhat seru. Bisa juga menonton video-video humor di Youtube. Strategi ini mengalihkanmu dari rasa kantuk.
Tidur 10-20 menit

Kalau kantuk benar-benar tidak tertahankan, ambil waktu untuk istirahat tidur. Tandanya otakmu benar-benar butuh istirahat. Studi membuktikan, tidur siang selama 10-20 menit dapat meningkatkan kewaspadaan, mengembalikan energi, meningkatkan fokus dan daya ingat.

Saat bangun dijamin Anda akan merasa lebih segar. Tapi jangan tidur lebih dari 90 menit ya. Tidur siang yang terlalu lama bisa mengganggu siklus tidur di malam hari. Dan pastikan juga tidak ketahuan bosmu! (Ndw/Ahm)

 

 

Sumber : Liputan 6