PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Trik Anti Bokek di Tanggal Tua, Caranya Gampang Kok!

PT. Rifan Financindo Berjangka, Aduh, gaji kok sudah habis duluan padahal baru tanggal 15.

Perasaan nggak banyak pengeluaran tapi kok belum akhir bulan sudah tekor?

Nggak sabar deh nunggu tanggal gajian, boros banget deh bulan ini.

Ladies, pernah mengalami kondisi seperti itu? Saya pun pernah mengalaminya. Dulu, cukup sering gaji sudah habis duluan sebelum tanggal tua. Bahkan rasanya sungguh tak sabar untuk menunggu tanggal gajian bulan berikutnya karena gaji bulan ini sudah amblas duluan.

Agar gaji tak habis duluan sebelum tanggal tua, jelas ada usaha yang perlu kita lakukan. Intinya kita harus bisa mengendalikan diri. Kalau sudah susah mengontrol diri sendiri, wah ya bakal tekor terus. Nah, untuk mengatasinya ada trik-trik sederhana yang bisa dipilih. Let?s find out!

Menabung di Awal Bulan???????

Ini yang saya coba terapkan beberapa bulan terakhir ini, menabung di awal bulan. Intinya dari gaji yang didapat setiap bulan, sebagian langsung disisihkan untuk ditabung atau bisa juga diinvestasikan. Mungkin agak susah di awal-awal karena kita dipaksa untuk mengirit sebulan berikutnya. Tapi dengan begini, kita bisa lebih terkendali mengontrol keluar masuk uang.

Buat Prioritas Barang yang Mau Dibeli

?Penyakitnya perempuan? itu kadang susah mengendalikan diri kalau ada diskon. Sampai-sampai barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan pun akan kita beli kalau ada diskon atau potongan harga. Kalau sudah kalap, wah uang yang ada di dompet bisa dibelanjakan semuanya. Penting sekali untuk membuat prioritas akan barang yang dibeli. Apakah barang itu benar-benar kita butuhkan atau sekadar kita inginkan?

Jangan Terlalu Sering Makan di Luar

Sesekali makan di luar seperti di kafe atau restoran sih oke-oke saja. Tapi kalau nggak mau bokek atau kantong bolong di tanggal tua, mending lebih bijak lagi deh mengatur jadwalnya. Biar hemat, bisa cukup makan di rumah atau masak sendiri. Nggak perlu makanan yang mahal, yang penting menyehatkan, syukur-syukur kalau bisa mendukung upaya dietmu, ya kan?

Saat Ambil Uang di ATM, Ambil Sebutuhnya

Kebiasaan ini juga saya terapkan sejak beberapa bulan lalu. Setiap kali ke ATM, saya usahakan untuk mengambil uang sebutuhnya saja. Dan biasanya saya juga akan menetapkan jadwal kapan saya baru akan ke ATM lagi. Jadi saya akan putar otak untuk mengatur uang yang sudah diambil untuk bisa mencukupi kebutuhan saya sampai ?kunjungan? saya ke ATM berikutnya.

No Credit Card

Kalau punya kartu kredit, belanja memang lebih praktis. Tinggal gesek dan nggak perlu bawa banyak uang. Tapi efek sampingnya, kadang belanja jadi nggak terkontrol karena fasilitas kemudahan tersebut. Tahu-tahu tagihannya menumpuk begitu saja. Hal inilah yang saya hindari. Saya tak memiliki kartu kredit dan hal ini cukup menguntungkan karena saya jadi ?dipaksa? untuk membuat perhitungan dulu sebelum belanja.

Nah, itu dia sejumlah tips sederhana untuk menghindari ?bencana? kantong bolong dan pemborosan. Kalau kamu sendiri, apakah punya tips lain untuk menghemat dan nggak gampang bokek? PT. Rifan Financindo Berjangka.

Sumber : Vemale

Save