PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Tips Membeli Powerbank Agar Tidak Mudah Meledak

Tips Membeli Powerbank Agar Tidak Mudah Meledak

PT. Rifan Financindo Berjangka, Kejadian mengenai meledaknya sebuah powerbank yang menimpa seorang wanita bernama Katy Emslie, sempat menggemparkan dunia maya. Lantas bagaimana caranya agar powerbank tidak meledak, berikut ini disajikan tips aman membelinya.

Dilansir Timesofindia, Rabu (29/7/2015), sebelumnya membeli powerbank ada baiknya Anda memperhatikan mengenai kapasitasnya. Untuk menentukan kira-kira seberapa besar daya powerbank yang Anda butuhkan, dapat mengacu pada ukuran baterai ponsel Anda.

Misalnya jika ponsel Anda memiliki baterai 2.000 mAh, maka setidaknya Anda membeli powerbank berkapasitas 2.500 mAh, agar dapat melakukan satu kali pengisian. Apabila memiliki dana berlebih, dapat membeli ukuran yang lebih besar seperti 4.500 mAh atau 5.000 mAh karena secara teori, Anda dapat men-charge hingga tiga kali.

Selanjutnya, perhatikan mengenai konektor outputnya (USB). Usahakan membeli powerbank yang memiliki dua konektor output yang terdiri luaran 1 A dan 2 A (Ampere). Kenapa demikian, keluaran ini akan mempengaruhi lama waktu pengisian ponsel Anda.

Selain itu, ponsel-ponsel keluaran terbaru kebanyakan telah mendukung output pengisian sebesar 2 ampere.

Pertimbangan lainnya berkisar seputar penggunaan baterai yang dipakai pada powerbank tersebut. Ada dua jenis yang biasanya dipakai yakni Lithium-ion (Li-ion) atau Lithium-polymer (Li-poly). Jenis Li-ion biasanya lebih memiliki harga yang lebih murah ketimbang Li-poly. Meski demikian Li-poly mampu mentransfer tenaga lebih baik dari Li-ion.

Ada baiknya, Anda juga mempertimbangkan untuk membeli powerbank dengan merek yang sudah banyak dikenal secara umum. Ini dilakukan untuk menghindari Anda mendapat powerbank abal-abal yang menggunakan jenis baterai Li-ion berkualitas rendah.

Jika demikian, itu tidak hanya menyebabkan efek buruk bagi ponsel Anda, tetapi juga memiliki potensi bahaya lain yang lebih serius. Seringkali powerbank kualitas rendah tersebut, tidak benar-benar memiliki kapasitas mAh maupun pencatu daya yang sesuai seperti yang dicantumkannya. Hal itu berpotensi menyebabkan powerbank menjadi meledak karena over charging.

Satu hal lagi, sebagai bagian dari proteksi, beli lah powerbank yang memiliki fitur Over Voltage Protection (OVP) dan Over Charge Protection (OCP).

 

Sumber : Okezone