PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Tips Bersihkan Sistem & Tingkatkan Performa Windows 7

Tips Bersihkan Sistem & Tingkatkan Performa Windows 7

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Jika PC terus-menerus digunakan bekerja maka ia akan menjadi lambat dari waktu ke waktu. Tetapi, dengan perawatan yang tepat Anda bisa mendapatkan kembali kinerja yang Anda harapkan dari PC Anda. Ada banyak file-file, duplikat file atau program yang tidak terpakai yang sebenarnya tidak berguna dan justru membuat memenuhi media penyimpanan PC.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Sabtu (11/4/2015), dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda akan dapat membersihkan semua sampah dari PC Anda dan kinerja optimal komputer akan kembali lagi.

Jalankan Windows disk Cleanup

Untuk sistem operasi Windows 7, pengguna hanya perlu mengakses Start Menu di bagian bawah, lalu pilih All Programs > Accessories, lalu pilih System Tools. Dari System Tools langsung saja pilih ?Disk Cleanup?. Setelah itu, program tersebut akan menunjukkan data di Drive mana yang harus dihapus.

Pengguna tinggal memilih data dari drive mana yang ingin dihapus dengan menceklis kotak yang ada dan klik OK lalu Delete Files.

Hapus Data Browser

Semua data yang dikumpulkan saat Anda browsing disimpan pada hard drive PC Anda, seperti Temporary Files, Cache, atau download file. Pengguna dapat men-download aplikasi terpercaya CCleaner untuk menghapus data browser dan data yang tidak diinginkan lainnya.

Unduh CCleaner dan jalankan program, pada halaman utama Anda dapat memilih area Windows mana dan Aplikasi apa yang ingin dihapus. Setelah memilih daerah, Anda dapat mengklik Analyze untuk mengetahui berapa banyak data yang tidak diinginkan dan hapus tanda centang pada data yang tidak ingin dihapus.

Hapus Program yang Tidak Dipakai

Untuk menghapus program yang tidak terpakai klik Start Menu dan kemudian klik Control Panel. Dalam Control Panel, klik Uninstall program di bawah judul ?Program?. Di sana akan ditemukan semua program yang diinstal pada PC Anda bersama dengan berapa banyak ruang yang dipakai. Piih program yang ingin Anda hapus dan double klik, maka program tersebut akan terhapus.

Hapus program dari Startup

Beberapa program terkadang mulai berjalan secara otomatis pada PC dan kebanyakan program-program tersebut tidak dibutuhkan. Untuk menghapus program dari Startup tekan Windows + R key dan Program Run akan muncul. Ketik msconfig di kolom pencarian dan klik OK (Anda juga dapat mengetik msconfig di kolom Searh pada Start Menu, lalu tekan Enter.

Sebuah jendela System Configuration akan terbuka di mana Anda bisa klik pada Startup dan hapus tanda centang dari semua program yang Anda tidak ingin munculkan saat PC menyala. Setelah membuat semua pilihan, tekan tombol OK dan semua program dicentang tidak akan muncul lagi ketika PC mulai bekerja.

Hard Drive Defragmentation

Defragmentation merupakan proses mengatur data di satu tempat atau membuatnya kompak, sehingga akan menjadi lebih mudah untuk Windows untuk mengaksesnya dan hal tersebut akan meningkatkan kinerja.

Untuk Defrag hard drive Anda, klik All Programs di Start Menu kemudian klik Aksesoris, lalu klik System Tools. Dari System Tools klik pada Disk Defragmenter dan program akan muncul dan di dalam program ini, Anda dapat memilih drive yang ingin Anda defrag dan klik pada Defragment Disk.

Pengguna dapat mengatur waktu yang diinginkan untuk melakukan proses Defragmentation Untuk menetapkan Jadwal klik pada Configure Schedule dan atur jadwal yang diinginkan. Pastikan Run on a Schedule (Recommended) sudah diceklis lalu klik OK. Dengan begitu, proses Defrag akan dilakukan sesuai waktu yang diinginkan.
(amr)

 

Sumber : Okezone