PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

The Fed Revisi Proyeksi Pertumbuhan AS, Emas Spot COMEX Rebound Signifikan

Kamis, 19 Juni 2014

Harga emas di Bursa COMEX pada perdagangan Rabu 18 Juni 2014 terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Penguatan harga emas di Bursa COMEX dipicu oleh revisi proyeksi pertumbuhan perekonomian AS pada periode 2014.

Rilis pernyataan The Fed pada Rabu lalu, berhasil mengangkat harga emas yang cenderung melemah dalam beberapa hari perdagangan terakhir. Sebelumnya, harga emas yang sempat naik cukup signifikan akibat konflik Irak serta indikasi pelemahan perekonomian AS pada akhir pekan lalu, terpantau mulai jenuh dalam beberapa hari perdagangan terakhir.

Namun, proyeksi pertumbuhan AS untuk periode 2014 yang direvisi oleh The Fed memicu indikasi penguatan perekonomian AS yang berada di bawah ekspektasi. Berdasarkan rilis keputusan The Fed, proyeksi pertumbuhan AS dipangkas ke level 2,1% sampai 2,3% atau turun dari perkiraan sebelumnya di level 2,9%. Selain memangkas proyeksi pertumbuhan AS pada periode 2014, The Fed juga menurunkan pembelian obligasi di level $35 juta atau turun $10 juta dari level sebelumnya. Imbas dari adanya pertumbuhan perekonomian AS yang berada dibawah ekspektasi, minat terhadap asset safe haven kembali menguat di bursa komoditas AS,

Pada perdagangan Rabu 18 Juni 2014 di Bursa COMEX, harga emas spot terpantau ditutup menguat signifikan dini hari tadi. Harga emas spot COMEX naik hingga 0,55% ke tingkat harga $1.277,3/t oz atau menguat $7,3/t oz.

Sedangkan untuk pergerakan harga emas berjangka COMEX, terpantau dini hari tadi emas berjangka juga mengalami penguatan tipis. Harga emas berjangka COMEX untuk kontrak Agustus 2014 naik 0,06% ke level $1.272,7/t oz atau menguat $0,7/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi emas berpotensi melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini di Bursa COMEX. Hal tersebut dilandasi oleh dorongan sentiment kuat dari indikasi perlambatan pertumbuhan ekonomi AS yang dapat mendorong minat investasi safe haven. Terkait pergerakan harga emas pada perdagangan hari ini di Bursa COMEX, emas diprediksi akan bergerak di kisaran $1260-$1285,5 pada emas berjangka kontrak Agustus 2014 dan $1.262-$1.286 pada emas spot.

 

Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia