PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

The Fed Bikin Bursa Asia Terus Menguat

Bursa Saham Asia

PT. Rifan Financindo Berjangka, Wellington – Mengikuti bursa global, saham-saham di kawasan Asia Pasifk (Bursa Asia) kembali menguat untuk hari kedua. Pernyataan dari Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Federal Reserved (The Fed) masih menjadi pendorong penguatan bursa Asia.

Mengutip Bloomberg, Jumat (19/12/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik naik 1,1 persen pada pukul 09.21 waktu Tokyo, Jepang, menambah penguatan 1,8 persen dalam dua hari ini.

Indeks Topix Jepang naik 1,9 persen, kenaikan terbesar dalam satu bulan terakhir, karena Yen diperdagangkan mendekati nilai terendah dalam satu minggu terakhir.

Bank Sentral Jepang akan melaporkan kebijakannya pada hari ini, hampir dua bulan setelah beberapa waktu lalu mengumumkan meingkatkan stimulus di tengah resesi ekonomi terbesar kedua di Asia.

Menurut para analis, pernyataan yang akan dikeluarkan oleh Bank Sentral Jepang, yang hanya berjarak beberapa hari setelah The Fed juga mengumumkan kebijakan mereka, akan menjadi pemicu penguatan bursa Asia.

“Pernyataan dari The Fed telah dikonfirmasi oleh pelaku saham dan saat ini pasar sedang menguji rebound,” tutur Senior Analis Numura Holding Inc, Tokyo, Jepang, Juichi Wako.

Risiko-risiko yang bakal datang dari kebijakan The Fed seperti capital outflow telah terhindar karena Amerika dalam waktu dekat ini belum akan menaikkan suku bunganya.(Gdn)

 

Sumber : Liputan 6