PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Ternyata, Ini Manfaat Olahraga Pagi Setelah Sahur

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Setelah sahur, kebanyakan orang akan kembali tidur dan menunggu hingga matahari berada di atas untuk memulai aktivitas. Padahal, umat muslim yang berpuasa dianjurkan untuk tidak tidur setelah sahur dan sebaiknya mulai melakukan aktivitas seperti biasa, seperti misalnya olahraga.

Sayangnya, sepertinya itu tidak mudah dilakukan. Namun dikutip dari nutracheck.co.uk, olahraga subuh hari atau pagi hari sebenarnya sangat bagus untuk tubuh, berikut ini manfaatnya.

  • Menghindari polusi. Udara pagi masih segar dan bersih. Asupan oksigen lebih banyak dan baik untuk pernapasan.
  • Subuh hari udara cukup sejuk dan matahari belum menyengat. Ini baik untuk menghindari sinar UV.
  • Subuh atau pagi hari masih jarang kendaraan bermotor. Jika ingin berolahraga seperti jogging, jalanan cenderung aman, tidak membahayakan keselamatan.
  • Mempersiapkan tubuh, otot dan kesadaran untuk lebih fokus melakukan aktivitas pagi hari.

Olahraga saat subuh hari juga jadi cara yang baik untuk membakar kalori setelah makan sahur. Jika Anda tidak ingin bertambah gemuk saat berpuasa Ramadan, maka olahraga setelah sahur bisa jadi cara menjaga berat badan. Lagipula, selain bisa menumpuk lemak di tubuh, tidur lagi setelah sahur justru akan membuat kadar gula darah melonjak dan ini sangat buruk untuk tubuh.

Tapi tentu saja sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh Anda ya. Jika memang Anda kurang tidur di malam hari, maka mungkin tidur setelah sahur bisa meningkatkan konsentrasi saat beraktivitas. Tapi tetap pastikan Anda melakukan olahraga agar tetap bugar saat puasa ya.

 

 

Sumber : Vemale