PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Waspada! Ini Gejala Stroke pada Wanita yang Sering Diabaikan

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Stroke itu ibaratnya “serangan otak”. Seperti serangan jantung yang terjadi ketika aliran darah tersumbat dari jantung, stroke aliran darah yang mengalir ke otak berkurang. Saat otak tak mendapat cukup darah, sel-sel otak akan mulai mati dalam hitungan menit.

Stroke memang penyakit yang serius dan tak bisa kita abaikan begitu saja. Hanya saja, kadang kita kurang aware dengan gejala-gejalanya. Apalagi, dikutip dari newhealthadvisor.com, wanita berisiko lebih tinggi terkena stroke dibanding pria. Stroke menduduki peringkat ketiga sebagai penyakit yang menyebabkan kematian pada wanita, setelah penyakit jantung dan kanker. Sementara pada pria, stroke menduduki peringkat kelima sebagai penyakit mematikan.

Faktor penyebab stroke ini pun sangat beragam. Mulai dari tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, kebiasaan merokok, jarang olahraga, dan obesitas. Bahkan pada wanita, faktor-faktor penyebabnya bisa meluas seperti karena penggunaan alat kontrasepsi, kehamilan, terapi hormon, hingga fibrilasi atrium.

Penting sekali untuk mengenali gejala-gejalanya supaya bisa dideteksi sejak dini. Semakin cepat kita mendeteksinya maka akan semakin besar peluang kita untuk selamat.

Gejala-Gejala Stroke Secara Umum
1. Mendadak mati rasa (atau susah menggerakkan) bagian tubuh tertentu, seperti di area wajah, lengan, atau leher. Bisa juga langsung di separuh badan.
2. Mendadak linglung, susah berbicara atau memahami pembicaraan.
3. Tiba-tiba tak bisa melihat dengan salah satu atau kedua mata.
4. Susah jalan kaki, kehilangan keseimbangan, atau sakit kepala.
5. Sakit kepala yang teramat sangat tanpa sebab yang pasti.

Selain gejala umum tersebut, wanita yang terkena stroke juga bisa menunjukkan gejala-gejala tertentu, antara lain:
1. Pingsan atau kehilangan kesadaran.
2. Tubuh terasa lemah.
3. Sesak napas atau kesulitan bernapas.
4. Agitasi (keresahan atau kegelisahan), suatu bentuk gangguan yang menunjukkan aktivitas motorik berlebihan dan tak bertujuan atau kelelahan, biasanya dihubungkan dengan keadaan tegang dan ansieta.
5. Halusinasi.
6. Mual dan/atau muntah-muntah.
7. Cegukan.
?
Seringkali gejala-gejala tersebut diabaikan, padahal penting untuk lebih waspada untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak memungkinkan. Jika merasakan ada sesuatu yang aneh atau tak biasa pada tubuh, sebaiknya segera hubungi dokter atau meminta bantuan. Kalau kamu mengalami gejala-gejala di atas, jangan diabaikan, ya Ladies. Apalagi stroke kini tak hanya menyerang orang tua tapi juga yang masih muda.

Semoga info di atas bermanfaat. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

Sumber : Vemale