PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Suka Donor Darah? Ini Dia 4 Manfaat Mengejutkan Donor Darah

Kamis, 13 Oktober 2014

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Ladies, apakah Anda bisa menebak bagian tubuh Anda yang mana yang sangat menakjubkan bahkan tanpa Anda sadari? Cairan di dalam tubuh Anda yang berwarna merah yang mengalir di setiap pembuluh darah kapiler itulah yang sangat bermanfaat untuk tubuh Anda. Bagaimana tidak, Anda bahkan bisa memberikannya kepada pasien yang membutuhkan tanpa merasa sakit karena pisau operasi.

Kebutuhan akan darah ini juga tidak main-main, mereka yang kurang darah atau kehabisan darah karena suatu sebab bisa saja mengalami kematian. Banyak sekali manfaat melakukan donor darah, seperti yang dikutip dari news.health.com berikut ini.

  • Darah memiliki tingkat kekentalan sendiri untuk bisa mengalirkan oksigen ke dalam tubuh dan karbon dioksida keluar dari tubuh. Darah juga perlu diperbarui jumlah serta selnya untuk bisa melancarkan tugasnya.

    Jika Anda cukup rajin melakukan donor darah, hal ini akan sangat membantu melancarkan peredaran darah dengan memberi kesempatan tubuh untuk memproduksi sel darah baru dalam jumlah optimal. Hal ini juga akan mengurangi risiko penyumbatan arteri dan mengurangi 88% kemungkinan serangan jantung.

  • Saat akan donor darah, pasti Anda akan melalui serangkaian tes kecil apakah Anda layak untuk melakukan donor atau tidak, seperti misalnya denyut nadi, tekanan darah, kadar hemoglobin, dan jenis darah.

    Setelah Anda donor pun, darah Anda tidak langsung diberikan kepada yang membutuhkan, namun harus melewati serangkaian tes untuk bisa dianggap aman dan sehat. Jika Anda mengalami suatu penyakit, maka pihak PMI akan memberitahu Anda secepatnya sehingga Anda bisa langsung diberi penanganan kesehatan.

  • Pada orang dewasa yang sehat biasanya memiliki sekitar 5 gram zat besi dalam tubuh mereka, terutama dalam sel darah merah juga di sumsum tulang. Jika Anda mendonorkan darah, maka Anda kehilangan sekitar seperempat jumlah zat besi.

    Namun Anda tak perlu khawatir, karena nantinya zat besi baru akan diisi ulang dari makanan yang Anda makan dalam beberapa minggu setelah donasi. Hal ini justru sangat bagus karena kelebihan zat besi justru tidak baik untuk pembuluh darah.

  • Sebuah penelitian dari Health Psychology menyatakan bahwa mereka yang mendonorkan darah mereka terbukti bisa menambah masa hidup 4 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak pernah melakukan donor darah.

    Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan karena Anda memiliki aliran darah yang lebih lancar yang dapat menurunkan risiko penyakit serius serta memiliki keseimbangan jumlah zat besi, jumlah darah, kekentalan darah serta jumlah hemoglobin yang baik.

Jadi, mau donor darah rutin Ladies?

 

Sumber : Vemale