PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Stop! Sering Konsumsi Pemanis Buatan Saat Hamil, Bahaya Bagi Bayi

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Ibu hamil memang rentan terhadap segala masalah kesehatan jika tidak menjaga asupan makanan setiap harinya. Termasuk jika tak memperhatikan asupan makanan dan minuman manis terutama yang mengandung pemanis buatan.

Karena sebuah penelitian menyatakan bahwa ibu hamil yang terlalu banyak minum minuman pemanis buatan setiap hari akan cenderung melahirkan bayi kegemukan dan nantinya cenderung jadi anak-anak yang kelebihan berat badan saat tumbuh besar.

Dikatakan oleh Meghan Azad, seorang ilmuwan sekaligus penulis penelitian di University of Manitoba di Winnipeg-Kanada, bahwa bayi yang lahir dari ibu yang rutin mengonsumsi satu atau lebih porsi minuman berpemanis buatan selama kehamilan dua kali lebih mungkin jadi anak-anak kelebihan berat badan.

Ini pertama kalinya penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan pun ternyata memberikan pengaruh buruk terhadap perkembangan bayi dalam kandungan ibu hamil. Dalam penelitiannya, Meghan Azad mengumpulkan data dari 3 ribu ibu dan bayi mereka. Para ibu ini ditanya minuman apa yang mereka minum selama hamil.

Hasilnya, wanita yang minum banyak minuman berpemanis buatan memiliki anak-anak yang gendut atau kelebihan berat badan. Saat lahir, bayi tidak menunjukkan adanya tanda kelebihan berat badan, namun sering berjalannya waktu dan anak tumbuh, mereka menujukkan kecenderungan menjadi anak yang gemuk.

Masih perlu diadakan penelitian lebih lanjut bagaimana bisa pemanis buatan memberikan potensi kecenderungan kegemukan pada anak selama ibu hamil mengonsumsi minuman tersebut. Tapi hal ini menjadi peringatan bahwa memang sebaiknya ibu hamil menghindari minuman maupun makanan kemasan yang mengandung pemanis buatan.

 

 

Sumber : Vemale