PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Solusi Macet Keren: Bus Raksasa Ini Mampu Tampung Mobil & 1400 Penumpang Sekaligus

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Menyandang predikat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, maka kemacetan jelas menjadi sebuah masalah yang jamak dijumpai di Tiongkok. Belum lagi ditambah dengan pertumbuhan jumlah kepemilikan mobil baru yang mencapai 20 juta per tahun, maka tak heran jika tingkat polusi udara di negara yang sudah cukup direpotkan oleh tingginya polusi dari begitu banyaknya pabrik terhitung memprihatinkan.

Saking parahnya, sebuah foto yang memperlihatkan Mark Zuckerberg berlari santai di tengah kota Beijing langsung memancing kekhawatiran banyak pihak dengan kesehatan bos Facebook tersebut lantaran menghirup udara penuh polusi di ibukota Tiongkok tanpa masker sama sekali.

Pihak pemerintah Tiongkok telah mencoba sejumlah cara untuk membatasi kepadatan kendaraan di pusat kota dengan cara meningkatkan tarif parkir, juga batasan untuk jenis plat nomor seperti yang sempat direncanakan bakal diujicoba di Jakarta. Kini ada sebuah solusi baru yang jauh lebih menarik, yaitu sebuah bus raksasa yang mampu menampung mobil sekaligus penumpang hingga ribuan orang untuk membawa mereka dari satu titik ke titik lainnya. Gampangnya, bus raksasa ini mirip seperti feri penyeberangan yang mampu menampung mobil dan truk yang akan menyeberang pulau, tapi untuk jalan darat.

Sekalipun terdengar agak gila, namun solusi ini benar-benar dipertimbangkan secara serius oleh pemerintah kota-kota besar di Tiongkok seperti Beijing. Para pengunjung pameran International High-Tech Expo ke-19 di Beijing akhir minggu ini tampak begitu antusias melihat konsep dari bus raksasa yang mampu menampung banyak mobil sekaligus dan bergerak dengan leluasa di miniatur jalan raya.

Bus tersebut nantinya bakal mencakup 2 jalur sekaligus dan mampu menampung 1400 orang penumpang. Pemerintah Tiongkok bakal menyediakan sebuah jalur khusus untuk memungkinkannya melaju dengan kecepatan 64km/jam, dan mobil-mobil yang bisa masuk hendaknya memiliki tinggi maksimal di bawah 2,1 meter.

Yang lebih penting lagi, bis ini nantinya bakal berjalan dengan menggunakan tenaga elektrik (bukan bahan bakar minyak) dan keberadaannya setara dengan 40 buah bus. Jika disederhanakan, kehadiran sebuah bus raksasa ini bakal menghemat konsumsi bahan bakar tahunan sebanyak 800 ton serta mengurangi emisi karbon hingga 2500 ton. Tak cuma itu, biaya pembuatannya juga bakal lebih murah ketimbang membangun jalur kereta bawah tanah, mengingat pemerintah tak perlu menggali tanah dan menyiapkan bangunan ekstra untuk memfasilitasinya.

Saat ini sebuah perusahaan di Beijing yaitu Transit Explore Bus sedang mengembangkan model berukuran sesungguhnya di daerah Changzhou dan siap mengujicobanya di bulan Juli atau Agustus 2016.

 

 

Sumber : Gopego