PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Sentimen Perekonomian Jerman Anjlok, Harga Emas LLG Terdorong Menguat

Rabu, 13 Agustus 2014

Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Selasa 12 Agustus 2014 terpantau ditutup menguat tipis dini hari tadi. Penguatan harga emas LLG dipicu oleh dorongan sentimen positif dari pelemahan sentimen perekonomian Jerman yang anjlok hingga ke pencapaian terendah hingga lebih dari setahun.

Laporan data sentimen perekonomian Jerman oleh ZEW pada Selasa lalu, terpantau berhasil memicu harga emas untuk dapat kembali terdorong menguat. Rilis data yang menunjukan adanya pelemahan sentimen perekonomian Jerman hingga ke level 8,6 dari 27,2 serta jauh dari ekspektasi di 18,2 membuat investor kembali meragukan kekuatan perekonomian kawasan Eropa mengingat Jerman merupakan kekuatan ekonomi terbesar di Eropa.

Selain faktor sentimen positif dari data sentimen perekonomian Jerman, masih belum stabilnya kondisi geopolitik global juga turut memberi support terhadap pergerakan harga emas. Minat terhadap safe haven yang relatif masih cukup tersupport oleh hal tersebut, terlihat dari kembali memerahnya bursa-bursa saham global yang masih mewaspadai potensi ledakan konflik.

Pada perdagangan Selasa 12 Agustus 2014, dini hari tadi harga emas LLG ditutup dengan mengalami penguatan tipis. Harga emas LLG naik 0,07% ke tingkat harga $1.309,45/t oz atau menguat $0,95/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas juga terpantau ditutup menguat tipis dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 naik 0,01% ke tingkat harga $1.310,6 atau menguat $0,1/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh akan rilisnya data pengangguran Inggris dan penjualan sektor retail AS yang diperkirakan akan positif. Namun, potensi dari perkembangan geopolitik global dapat setidaknya menahan atau justru memperkuat harga emas apabila terjadi peningkatan isu dari kelanjutan konflik Rusia dan Ukraina. Terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada pada $ 1.296-$1.323,5 pada emas LLG dan $1.298-$1.325 pada emas berjangka Comex.

 

Sumber : Vibiznews

Bagus Aditoro/ Analyst Economy Research at Vibiz Research/VM/VBN
Editor: Jul Allens
image: Wikimedia