PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Senin Pagi Bursa Jepang Naik Tipis; Volume Perdagangan Kecil

Senin, 8 September 2014

Pada perdagangan di bursa saham Jepang pagi hari ini terjadi peningkatan meskipun terbatas (8/9). Bursa Jepang menguat tipis saja mengakhiri penurunan yang terjadi selama dua hari berturut-turut sebelum perdagangan hari ini. Volume perdagangan sepi karena bursa Korea Selatan, Tiongkok dan Taiwan hari ini hingga hari Kamis tutup untuk merayakan Festival Musim Gugur.

Hari ini sentiment di bursa Jepang cenderung variatif. Beberapa data yang telah dirilis sebelum pembukaan pasar menunjukkan kondisi beragam. Data pertumbuhan ekonomi Q2 yang telah direvisi menunjukkan terjadi kontraksi sebesar 7.1 persen, lebih besar dibandingkan prediksi kontraksi sebesar 6.8 persen. Sementara itu transaksi berjalan kembali mengalami surplus di bulan Juli setelah sempat mengalami defisit pada bulan Juni sebelumnya.

Saham ecommerce Rakuten tampak mengalami penurunan tajam sebesar 2 persen pada perdagangan hari ini. Perusahaan raksasa tersebut dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk membeli situs belanja asal AS Ebates sebesar 950 juta dollar.

Hari ini indeks spot Nikkei terpantau alami kenaikan yang amat tipis saja. Indeks spot tersebut dibuka menguat sebesar 10.98 ?poin atau setara dengan 0.07 persen dan berada pada posisi 15679.66 poin.

Indeks berjangka Nikkei 225 mengalami pembukaan pada posisi 15705 pagi ini. Indeks berjangka tersebut mengalami kenaikan sebesar 50 poin dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka di bursa saham pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami kenaikan terbatas, pola pergerakan yang sepi karena beberapa bursa saham Asia libur hari ini. Indeks berjangka berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 15650 ? 15820 poin.

Sumber : Vibiznews

Ika Akbarwati/Senior Analyst Economic Research at Vibiz Research/VM/VBN?
Editor: Jul Allens
Foto: Wikipedia