PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Sebuah Ironi, Nintendo Hanya Dapatkan Sedikit Keuntungan dari Pokemon Go

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Pokemon Go begitu mendunia. Sesuai prediksi sebelumnya, game buatan Nintendo dan Niantic ini berhasil merebut perhatian gamer mobile dan melonjakkan saham raksasa gaming Jepang tersebut. Namun tampaknya ada ironi di balik kesuksesan Pokemon Go, yaitu keuntungan Nintendo yang tidak seberapa dibandingkan dengan apa yang didapatkan oleh toko-toko aplikasi.

Awalnya, Nintendo menyuntikkan dana 30 juta dollar AS kepada Niantic agar dibuatkan sebuah game Pokemon Go berbasis Augmented Reality. Niantic dulunya dimiliki oleh Google dan punya reputasi tinggi dalam membuat konten-konten berbasis AR, namun akhirnya dilepaskan setelah restrukturisasi Google yang berubah menjadi Alphabet. Kemudian Niantic berkolaborasi dengan Nintendo untuk membuat sebuah seri game Pokemon terbaru.

Sementara itu Apple dan Google juga mendapatkan sepertiga pendapatan dari penjualan yang dilakukan di toko aplikasi mereka. Jadi, setiap kali Anda membeli PokeBalls atau aksesori-aksesori lain untuk bermain Pokemon Go, Apple dan Google juga mendapatkan keuntungan. Kemudian penghitungannya seperti ini, untuk setiap pembelian di dalam aplikasi, para raksasa teknologi tersebut mendapatkan keuntungan 30%, sementara 30% lainnya didapatkan Niantic, dan 30% dimiliki oleh franchise Pokemon. Nintendo hanya mendapatkan 10% saja.

Meski begitu, 10% yang dimaksud adalah sebuah keuntungan dalam bentuk jutaan dollar. Terlepas dari itu, saham Nintendo dikabarkan menjadi rebutan di bursa. Mungkin dengan keuntungan 10% ini, Nintendo akan kembali menjadi salah satu produsen game yang disegani, seperti beberapa puluh tahun yang lalu. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

Sumber : Gopego