PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Sebelum Berangkat Mudik Pakai Skutik, Cek 7 Komponen Ini

 

PT. Rifan Financindo Berjangka, Lebaran sebentar lagi tiba, sudahkah?Anda mempersiapkan segala perlengkapan untuk mudik? Untuk mendapatkan kenyamanan dan kelancaran selama momen mudik lebaran, para pemudik harus mempersiapkan segala hal dengan matang. Mulai dari barang bawaan hingga kendaraan yang akan digunakan.

Bagi Anda yang berencana mudik lebaran dengan kendaraan roda dua, terutama motor skutik, penting sekali untuk memeriksa beberapa komponen motor supaya skutik dalam kondisi prima dan siap tempur sebelum mudik.

7 komponen yang perlu kamu periksa antara lain:

1. V-Belt

V-Belt pada skutik berfungsi untuk mentransfer tenaga hasil pembakaran jantung mekanis ke roda belakang. Oleh karena fungsinya yang vital itu, penggantian komponen berbahan karet ini harus dilakukan secara periodik.?Komponen ini tidak seperti rantai pada motor bebek atau sport yang posisinya terbuka sehingga sulit untuk mengetahui indikasinya sudah melar atau belum. Karena posisinya yang tertutup, v-belt yang sudah melar dan terkikis itu bisa langsung putus.

2. Cek Accu

Jantung skutik selanjutnya adalah accu. Tegangan accu yang disarankan sekitar 12 volt. Apabila kurang dari angka tersebut starter kemungkinan akan mengalami kendala, jika dipaksakan dapat merusak ECM.

3. Kampas Rem

Cek kampas rem, apakah masih baik untuk digunakan perjalanan jauh? Jika sampai mengeluarkan bunyi gesekan, apalagi sudah memakan cakram, itu waktunya kamu ganti?kampas rem. Untuk menjaga kondisi cakram tetap awet sebaiknya pilih kampas rem yang orisinil, meski sedikit lebih mahal namun terjamin kualitasnya.

4. Lampu dan Indikator motor

Jangan sampai lampu utama mati atau bermasalah, selain bakal kena tilang juga dapat membahayakan perjalanan Anda, apalagi kalau memasuki malam hari. ?Pastikan juga lampu indikator berfungsi dengan baik, termasuk lampu rem supaya Anda lebih tenang sekaligus membantu pengguna motor lain saat Anda tiba-tiba berhenti atau mengurangi laju kendaraan.

5. Ban

Mengecek kondisi ban dan tekanan angin pada ban juga menjadi bagian penting. Jika ban Anda terlalu polos atau gundul sebaiknya segera ganti. Untuk perjalanan jauh akan lebih baik jika menggunakan ban tubeless yang dilengkapi dengan cairan anti bocor.

6.?Bearing atau laher

Bearing atau laher juga penting untuk diperiksa karena kondisi laher yang baik di bagian kemudi akan membuat stang tetap stabil saat melibas jalanan yang bergelombang dan berlubang, jadi perjalanan kamu akan lebih aman.

7. Sistem Pengapian

Sistem pengapian juga menjadi salah satu komponen penting dalam motor Anda. Jika pengapian tak beres maka bisa jadi motor bakal menyusahkan selama di perjalanan. Untuk motor skutik yang menganut sistem injeksi dan berteknologi Blue Core, sebaiknya service motor Anda di bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan hasil maksimal dan terjamin kualitasnya. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

Sumber : Liputan 6