PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Sanksi AS Buat Rusia Bikin Harga Emas Makin Kinclong

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga emas naik tipis pada perdagangan Selasa karena kekhawatiran investor atas ketegangan geopolitik di Suriah semakin mereda. Investor memilih komoditas emas sebagai instrumen yang aman untuk berinvestasi.

Mengutip Reuters, Rabu (18/4/2018), harga emas di pasar spot naik 0,06 persen ke posisi US$ 1.346,40 per ounce pada pukul 1.37 siang waktu New York.

Sementara harga emas berjangka Amerika Serikat (AS) untuk pengiriman Juni merosot US$ 1,20 atau 0,1 persen ke harga US$ 1.349,50 per ounce.

“Orang-orang enggan melepas emas mereka meskipun ketegangan telah mereda. Tapi saya pikir mereka belum akan menjual emas,” ujar TD Securities Commodities Strategist, Ryan McKay.

Harga emas menguat ke level tertinggi pekan lalu karena ketegangan geopolitik di Suriah memanas. Walaupun telah surut, namun kekhawatiran sanksi AS terhadap Rusia masih tetap ada.

Selain itu, kurva imbal hasil obligasi AS flat setelah Donald Trump mencalonkan Richard Clarida sebagai Wakil Ketua Fed. Kurva yang datar biasanya mencerminkan pandangan rencana Bank Sentral AS untuk menaikkan suku bunga dalam waktu dekat. Ini akan menjadi sinyal kekhawatiran atas prospek ekonomi makro.

“Pasar menunggu untuk melihat apa yang akan dilakukan The Fed. Untuk menyesuaikan suku bunga, mereka harus memiliki data,” kata Executive Vice President dari Investment Service Dillon Gage, Walter Pehowich.

Di pasar uang, dolar AS terhadap mata uang Euro landai setelah mencapai nilai tinggi di tiga minggu dalam perdagangan sebelumnya.

Selain harga emas, harga perak pun terkerek naik 0,9 persen menjadi US$ 16,75 per ounce. Sementara harga platinum menanjak 1,3 persen ke harga US$ 935,70 per ounce setelah sebelumnya menyentuh tertinggi enam hari seharga US$ 936,90 per ounce. PT Rifan Financindo.

 

Sumber : Liputan 6