PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Rifan Financindo ; Reksadana Online Membagi Resiko Investasi

distribution

Rifan Financindo- Anda yang sedang mencari-cari berbagai kemungkinan investasi mungkin sudah pernah mendengar istilah diversifikasi investas, yaitu menyebar dana investasi yang dimiliki agar bisa mengurangi resiko kerugian jika investasi gagal membawa hasil. Misalnya, Anda menyebar uang di investasi online emas berjangka dan deposito. Akan tetapi, memilih model investasi yang tepat mungkin masih agak sulit jika Anda belum terlalu familiar dengan berbagai jenis investasi.

Jenis-jenis investasi memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri, dan satu jenis investasi yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk Anda, sehingga Anda harus pandai memilih jenis yang tepat. Daripada pusing memikirkan hal tersebut, cobalah meminta bantuan manajer investasi dengan cara menginvestasikan dana Anda di reksadana online.

Penjelasan Tentang Reksadana Online

Investasi online reksadana merupakan versi lebih ?canggih? dari reksadana yang biasa ditawarkan bank atau lembaga investasi lain. Anda menggunakan jasa sebuah perusahaan reksadana, baik perusahaan mandiri maupun yang dikelola bank, untuk menginvestasikan dana Anda ke dalam beberapa pos investasi yang prosesnya akan diatur oleh manajer investasi. Jadi, Anda transfer dana ke satu tempat, lalu jasa manajer itulah yang akan mengatur pembagian dananya untuk Anda. Nasabah pun tinggal mengecek saja perkembangan dananya.

Untuk macam reksadananya sendiri, ada beberapa macam, misalnya:

  • Reksadana terbuka, yaitu yang paling cocok untuk para investor yang tak ingin mengambil resiko terlalu tinggi. Reksadana ini dananya likuid dan mudah diambil kapan saja, pertumbuhan bunganya cenderung rendah namun cukup untuk memberi Anda penghasilan yang teratur bahkan dari jumlah investasi awal yang kecil (misalnya hanya 1.5 juta rupiah). Uang Anda mungkin dititipkan pada sektor obligasi, pasar uang atau saham sesuai pilihan yang sudah didiskusikan dengan manajer investasi.
  • Reksadana terproteksi, yaitu reksadana yang jangka waktunya sudah ditentukan di awal sehingga tak terlalu panjang, sesuai dengan perhitungan tertentu yang diinginkan si nasabah. Walaupun kurang likuid, kelebihan reksadana ini adalah nilai pertambahannya bisa diukur sejak awal sehingga cocok bagi Anda yang akan memerlukan sejumlah besar uang di waktu tertentu.
  • Reksadana indeks, yaitu reksadana yang nilai investasinya mengacu pada indeks saham atau obligasi yang dijadikan acuan. Reksadana ini dapat memberikan hasil yang lebih tinggi walaupun termasuk dalam reksadana dengan sifat pengelolaan pasif.

Dengan menggunakan jasa reksadana online, uang untuk investasi online dapat ditransfer langsung dan kemudian akan dikelola oleh manajer investasi yang bekerja pada perusahaan investasi reksadana tersebut. Bank yang dijadikan bank kustodian (bank untuk mengelola dana investasi nasabah) akan ditentukan berdasarkan kebijakan perusahaan.

Alasan Orang memilih Reksadana Online

Reksadana online sendiri merupakan investasi online yang cukup likuid dan memberikan keuntungan yang bisa dicairkan dengan mudah. Selain itu, Anda tidak perlu takut tidak mampu mengelola keuangan dan investasi karena yang mengelolanya adalah si manajer investasi. Reksadana juga merupakan investasi yang sifatnya terbuka karena si manajer wajib memberitahukan pada Anda kemana saja dana Anda disebar (jika ia menolak memberitahukannya, itu berarti pelanggaran hak Anda sebagai nasabah).

Dengan memanfaatkan perusahaan reksadana online, Anda bisa langsun mendaftar dan bertransaksi, serta dengan mudah melihat pergerakan dana Anda. Reksadana online memang memiliki banyak resiko termasuk jika ada inflasi dan fluktuasi suku bunga, tetapi paling tidak dana investasi Anda tak menumpuk di satu tempat. Manfaatkan reksadana sebagai salah satu bentuk investasi online yang sudah terpercaya dibandingkan ?investasi menguntungkan? yang meragukan. -Rifan Financindo.