PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Resmi, Grup Media Asal Indonesia Akuisisi BBM Senilai Rp 2,7 Triliun

PT. Rifan Financindo Berjangka, Sukses bertahan sebagai aplikasi chat terpopuler di Indonesia selama bertahun-tahun, BBM alias BlackBerry Messenger kini bakal lebih identik lagi dengan Indonesia. BlackBerry baru saja mengumumkan bahwa layanan terpopuler mereka telah resmi dibeli oleh grup media PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. atau yang lebih sering dikenal sebagai Emtek.

Kesepakatan senilai $207,5 juta atau sekitar Rp 2,7 triliun ini bakal berlangsung selama 6 tahun, dan akan memungkinkan?Emtek untuk menggabungkan layanan mereka dengan BBM. Satu hal yang perlu dicatat adalah kesepakatan ini berlaku untuk BBM saja, tanpa menyertakan layanan BlackBerry enterprise.

Sebagai bagian dari kesepakatan, divisi konten digital Emtek yaitu KMK Online bakal mendirikan sebuah kantor cabang di negara asal BlackBerry yaitu Kanada, tepatnya di kota Toronto guna mempermudah proses kerjasama dengan BlackBerry. Kerjasama ini bakal memudahkan para pengguna BBM terutama di Indonesia dalam mengakses konten dari Emtek, sementara Emtek bakal langsung mendapatkan pondasi yang kokoh dalam membangun sebuah ekosistem yang mencakup messaging, sosmed, konten, hiburan, serta perdagangan elektronik yang saat ini sedang booming di Indonesia.

Kesepakatan ini mirip seperti ketika grup Bakrie menanam investasi di Path beberapa tahun yang lalu. Sama seperti BBM, Path tercatat jauh lebih populer di Indonesia ketimbang negara-negara lain, dan akhirnya membuat grup tersebut segera berinvestasi di Path pada tahun 2014.

Saat ini BBM diperkirakan memiliki jumlah pengguna aktif bulanan mencapai 200 juta, dan 60 juta di antaranya merupakan pengguna yang tinggal di Indonesia. BBM tercatat sebagai layanan yang paling sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari, bahkan lebih sering ketimbang durasi waktu yang dihabiskan oleh pengguna dalam mengakses Facebook, WhatsApp dan LINE. PT. Rifan Financindo Berjangka.

 

 

Sumber : Gopego