PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Rekomendasi Pergerakan Harga Emas Hari Ini

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga emas dan perak turun sedikit pada awal dari perdagangan Amerika Serikat hari Jumat kemarin setelah apa yang dipandang pasar sebagai laporan “employment” AS yang secara umum bagus – meskipun angka kunci non-farm payrolls muncul sedikit dibawah daripada yang diperkirakan.

Emas berjangka bulan Desember terakhir turun $3.50 pada $1,510.30 per ons. Harga perak Comex bulan Desember terakhir turun $0.166 pada $17.515 per ons.

Laporan situasi employment AS untuk bulan Septembe dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan angka non-farm payrolls kunci bertambah 136.000. Ini adalah sedikit dibawah daripada yang diperkirakan konsensus pertambahan 145.000. Namun, beberapa laporan internal dianggap bagus, termasuk tingkat pengangguran keseluruhan yang turun dan berada pada kerendahan selama 50 tahun, yaitu 3.5% lebih rendah daripada yang diperkirakan. Meskipun demikian diperlukan laporan pekerjaan yang lebih kuat secara signifikan sekarang ini untuk menggeser trader dan investor dari pendapat umum bahwa pemangkasan tingkat suku bunga  berikutnya akan datang dari Federal Reserve segera, menyusul laporan manufaktur dari Eropa dan Amerika Serikat yang buruk pada minggu lalu.

Pasar saham AS dan dolar AS bergerak naik dari level harga yang lebih rendah dalam perdagangan semalam, setelah munculnya laporan “employment” AS ini.

Saham-saham Asia dan Eropa bercampur dalam perdagangan semalam. Pasar saham AS yang goyah pada minggu lalu membuat para trader dan investor “nervous” memasuki akhir minggu lalu.

Pergerakan naik harga emas terus memimpin pergerakan harga emas dengan para analis dari Wall Street dan para investor dari Main Street tetap kokoh “bullish” terhadap metal kuning dengan harga emas berhasil memperoleh kembali level $1,500 mengakhiri akhir minggu, menurut Survei Emas Mingguan dari Kitco News yang terbaru.

Pergerakan naik harga emas secara keseluruhan memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek. Obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,543.30 setelah melewati $1,522.20 dan kemudian $1,525.80. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,465.00 setelah melewati $1,500.00 dan kemudian $1,490.00. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews

Leave a Reply