Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 7 Februari 2020

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga emas naik sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Kamis kemarin. Pergerakan naik metal “safe-haven” telah stabil pada akhir minggu ini, meskipun terjadi rally di pasar saham global pada minggu ini, yang dipimpin oleh indeks saham AS yang mencapai rekor ketinggian yang baru lagi.

Emas berjangka bulan Februari terakhir diperdagangkan naik $5.30 per ons pada $1,568.10. Sementara harga emas Antam ditawarkan beli pada harga Rp 770.000 per gram.

Saham Asia dan Eropa naik semalam dengan para trader dan investor paling sedikit sekarang ini telah mengesampingkan merebaknya wabah virus corona. Indeks saham AS mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai dan mendekati kepada rekor ketinggiannya.

Sentimen global membaik karena usaha yang dibuat untuk menemukan penyembuhan dan vaksin terhadap penyakit pernafasan dari virus corona. Meskipun demikian, World Health Organization telah menurunkan kemungkinan diperolehnya solusi dengan segera. Provinsi Hubei, yang termasuk kota Wuhan di dalamnya – episentrum dari virus corona – ditutup selama dua minggu. Kebanyakan dari 560 orang yang meninggal dan 30.000 yang terkena infeksi berada di regional ini.

Cina telah mengumumkan akan memangkas tarif atas barang-barang yang diimpor dari AS separuhnya mulai dari tanggal 14 Februari. Washington mengurangi bea masuk di Beijing pada hari yang sama, sebagaimana yang disepakati di dalam Fase Satu dari kesepakatan perdagangan AS dengan Cina. Pasar saham melanjutkan keuntungan mereka, dan matauang beresiko mengalami kenaikan. Yen Jepang yang “safe-haven” berada pada posisi yang dibawah sementara emas mengkonsolidasi kerugiannya.

Pasar global hanya menunjukkan sedikit reaksi terhadap pembebasan Presiden Trump dari pengadilan “impeachment” di Senat. Hasil ini tdak mengejutkan sama sekali.

Hal kunci diluar pasar metal berharga adalah naiknya harga minyak mentah dan diperdagangkan  disekitar $51.00 per barel. Sementara itu, indeks dolar AS mendekati stabil setelah menyentuh ketinggian hampir empat bulan dalam perdangan semalam.

Pergerakan naik harga emas masih memiliki keuntungan jangka pendek secara keseluruhan dan telah bekerja menstabilkan harga pada akhir minggu ini. Obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1600, setelah terlebih dahulu harus berhasil menembus $1,571.30 dan kemudian $1,575.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,550.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,560.00 dan kemudian $1,556.00. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.