PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 6 September 2019

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Telpon dari Wakil Perdana Menteri Liu He ke Representatif Perdagangan AS Robert Lighthizer telah memberikan panggung bagi penyelesaian pembicaraan perdagangan.

Sementara laporan ADP pekerjaan untuk sektor swasta muncul dengan angka yang kokoh 195.000 pekerjaan baru ditambahkan pada bulan Agustus. Laporan pekerjaan ADP memberikan kepada partisipan pasar suatu indikasi bahwa laporan pekerjaan Nonfarm Payroll dari Departemen Tenaga Kerja AS juga akan memberikan angka yang kokoh, sedangkan pasar memperkirakan angka yang keluar hanya sebesar 154.000 turun dari angka sebelumnya sebanyak 164.000.

Event-event ini menyebabkan saham-saham AS mengalami kenaikan yang dramatis, dengan turunnya harga emas dan perak secara tajam.

Hasil bersih dari pertemuan tentatif ini dan laporan pekerjaan ADP yang solid menghasilkan keuntungan sebanyak 372.68 poin pada “Dow Jones Industrial Average”. Hal ini juga menggerakkan metal berharga turun tajam dengan emas berjangka jatuh sebanyak $34.90 atau 2.2% dan perak jatuh $0.74 atau penurunan 4.13%.

Emas berjangka terakhir turun sebesar $44 per ons pada $1,516.50. Harga perak Comex bulan Desember terakhir turun $0.712 pada $18.83 per ons.

Menurut MarketWatch,”Berita bahwa AS dan Cina setuju untuk bekerja kearah ronde baru dari pembicaraan perdagangan pada bulan depan memberikkan dorongan terhadap pasar saham AS dan global, dan data employment dari sektor swasta yang lebih baik daripada yang diperkirakan juga membantu meredakan kekuatiran mengenai perlambatan ekonomi, merusak daya tarik metal safe-haven”.

Secara basis tehnikal, penurunan harga emas kemarin menginisiasikan kerusakan grafik karena memecahkan tren kenaikan harga emas dan perak belakangan ini. Hal ini bisa diinterpretasikan sebagai aksi jual jangka pendek. Namun, jika tren ini berkelanjutan hal ini bisa membawa harga emas dan perak turun lebih lanjut.

Penurunan lebih lanjut dari harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di  $1,514.30 dan kemudian di $1,510.00 sebelum berusaha menembus “support” yang solid di $1,500.00. Sedangkan apabila harga berbalik naik, kenaikan harga emas akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,535.00 yang apabila berhasil dilewati akan naik lagi ke $1,546.00 dan akhirnya berusaha melewati  “resistance” yang solid di $1,600.00. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews