Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 5 Februari 2020

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Harga emas turun secara solid pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Selasa kemarin. Metal “safe-haven” ini terus berada dibawah tekanan dari “rebound” nya pasar saham global pada awal minggu ini, ditambah lagi dengan keuntungan yang bagus dari indeks dolar AS. Emas berjangka bulan Februari diperdagangkan terakhir turun $11.80 per ons pada $1,570.50 pada perdagangan sesi Amerika Serikat semalam.

Pada hari Rabu pagi dalam perdagangan sesi Asia harga emas tetap berada pada posisi dibawah, diperdagangkan disekitar $1,553.

Harga emas Antam mengalami penurunan Rp 1000 per ons diperdagangkan pada Rp 778.000. Harga perak Comex bulan Maret terakhir naik $0.005 pada $17.675 per ons.

Pasar saham Asia mengalami “rebound” semalam setelah terjadinya aksi jual besar-besar pada hari Senin. Pasar saham Eropa juga mengalami kenaikan dan indeks saham AS mengarah pada kenaikan tajam pada saat pembukaan perdagangan sesi New Yord dimulai. Sebegitu jauh minat terhadap resiko dari para trader dan investor meningkat dan pasar nampaknya bergerak melampaui wabah virus corona yang terus menyebar. Angka terakhir menunjukkan sudah lebih dari 24.000 tertular dan lebih dari 490 yang meninggal di 27 negara. Penerbangan ke Cina ditahan secara signifikan dan bisnis domestik dan global disana sangat terganggu.

Bank sentral Cina pada minggu ini telah menyuntik sejumlah besar uang ke dalam sistem keuangannya untuk membantu bisnis domestik yang terpukul oleh merebaknya wabah virus corona. Pergerakan ini telah membantu meredakan para investor di Asia maupun diseluruh dunia lainnya.

Uni Eropa merilis data Industrial Producer Prices untuk bulan Desember yang tetap stabil secara bulanan, dan tidak berubah pada -0.7% YoY.

Hal kunci diluar pasar metal berharga adalah naiknya harga minyak mentah yang diperdagangkan disekitar $50.75 per barel. Sementara itu, indeks dolar AS naik sedikit karena dorongan yang kuat setelah membukukan keuntungan yang baik pada hariSenin.

Penurunan lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,550 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,515 dan kemudian $1,495. Sedangkan apabila berbalik naik kembali, akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,580 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,584 dan kemudian $1,600. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.