PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 3 Oktober 2019

Rifanfinancindo

 

Rifanfinancindo – Harga emas dan perak naik solid pada pertengahan perdagangan sesi Amerika Serikat hari Rabu kemarin karena permintaan “safe-haven” dengan naiknya keengganan terhadap resiko pada pertengahan minggu. Pasar saham dunia mengalami aksi jual karena keprihatinan soal pertumbuhan perdagangan dan ekonomi global.

Emas berjangka bulan Desembar terakhir naik $17.90 per ons pada $1,506.90. Harga perak Comex bulan Desember terakhir naik $0.388 pada $17.695 per ons.

Laporan manufaktur yang buruk dari Amerika Serikat dan Eropa pada hari Selasa kemarin menghantui para trader dan investor. Aktifitas manufaktur di Amerika Serikat melambat ke kerendahan 10 tahun pada bulan September, menurut Institute of Supply Management (ISM). Banyak yang setuju bahwa perang dagang AS dengan Cina adalah yang paling banyak bisa dijadikan alasan terjadinya perlambatan pertumbuhan perdagangan dan ekonomi global.  Retorika dari kedua belah pihak kadang-kadang memburuk, kadang-kadang membaik, membuat para trader dan investor bingung.

Pasar saham Asia dan Eropa juga kebanyakan turun semalam. Bulan Oktober bisa menjadi bulan yang tidak bersahabat terhadap para trader pasar saham.

Kekerasan di Hong Kong meningkat eskalasinya pada minggu ini, di tengah hari Libur nasional di Cina. Seorang protester ditembak oleh polisi dan berada dalam kondisi yang kritis. Hal ini juga menambah kecemasan di pasar.

Laporan “employment” nasional dari ADP untuk bulan September muncul di 135.000, lebih buruk daripada angka pertumbuhan pekerjaan ADP yang diperkirakan sebesar 140.000. Laporan ADP dianggap sebagai pendahulu bagi Laporan “employment” (NFP) yang lebih penting dari Departemen Tenaga Kerja AS, pada hari Jumat yang akan datang.  Angka NFP untuk bulan September diperkirakan akan naik sebanyak 145.000 pekerjaan.

Hal kunci diluar pasar metal adalah indeks dolar AS yang mendekati stabil pada pertengahan hari trading. Sementara harga minyak mentah Nymex menurun dan diperdagangkan sekitar $52.60 per barel.

Secara tehnikal, kenaikan harga emas memiliki keuntungan tehnikal dalam jangka pendek dan telah mendapatkan pijakannya pada pertengahan minggu. Obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,525.00 setelah melewati $1,515.00 dan kemudian $1,520.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,465.00 setelah melewati $1,500.00 dan kemudian $1,490.00. Rifanfinancindo.

 

Sumber : Liputan 6

Leave a Reply