Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 29 November 2019

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Emas naik pada hari Kamis kemarin dan pulih dari sebagian kejatuhan pada sesi sebelumnya, meskipun kekurangan kekuatan pembelian untuk melanjutkannya.

Optimisme belakangan ini mengenai kemungkinan kesepakatan perdagangan AS dengan Cina memudar dengan cepat setelah Presiden AS Donald Trump menandatangani undang-undang untuk mendukung para protester di Hong Kong. Trump juga menandatangani rancangan undang-undang yang lain, yang melarang penjualan amunisi seperti gas air mata dan peluru karet ke polisi Hong Kong.

Cina merespon dengan mengatakan akan mengambil langkah-langkah pembalasan yang tegas, yang dilihat sebagai akan merusak kemajuan pembicaraan perdagangan baru-baru ini dan membuat semakin rumit usaha untuk menyelesaikan perang dagang yang sudah 16 bulan lamanya. Perkembangan terbaru ini membebani sentimen resiko global dan mendukung permintaan untuk assets yang secara tradisional “safe-haven” seperti emas.

Kenaikan ini kemudian masih didukung oleh berita bahwa Korea Utara menembakkan dua projektil yang dipercaya adalah rudal balisitik. Ditambah lagi dengan melemahnya harga dolar AS yang lebih jauh menguntungkan komoditi yang berdenominasi dolar AS.

Dengan pasar Amerika Serikat tetap tutup pada hari Kamis dan Jumat karena merayakan hari Thanksgiving, kondisi yang menyebabkan likuiditas tipis ini, menahan para investor untuk menempatkan pertaruhan yang agresif. Dengan demikian, berita-berita yang akan datang sehubungan dengan perdagangan AS dengan Cina mungkin akan terus bertindak sebagai penggerak eksklusif dari momentum komoditi  emas pada hari Jumat ini.

Kenaikan harga emas selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,461.01 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $1,467.11 dan kemudian $1,471.22. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,450.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,446.7 dan kemudian $1,440.6. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.