Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 28 Januari 2020

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Harga emas naik dan menyentuh ketinggian tiga minggu pada awal perdagangan berjangka AS hari Senin kemarin. Permintaan “safe-haven” untuk harga emas dan perak terlihat dengan merebaknya virus corona pada akhir minggu dan berkembang dengan signifikan. Namun, keuntungan di metal berharga agak tertahan dengan jatuhnya harga minyak mentah dengan tajam, yang menyentuh kerendahan selama 3.5 bulan dalam perdagangan “overnight”.

Emas berjangka bulan Februari terakhir naik $11.70 per ons pada $1,583.60. Harga emas Antam naik Rp 6000,00 ke Rp 774.000,00. Perak Comex bulan Maret terakhir naik $0.162 pada $18.275.

Pasar saham Asia dan Eropa turun dengan solid semalam. Indeks saham AS mengarah turun tajam pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Pada akhir minggu, sakit yang disebabkan oleh virus corona yang jelas berasal dari Cian telah dengan cepat menyebar, membunuh paling sedikit 80 dari penduduk negeri Cina, dengan hampir 8500 kasus dilaporkan di Cina. Beberapa kota Cina sekarang sedang dikarantina.

Beberapa kasus sekarang dilaporkan di Amerika Serikat, dengan dokter sekarang berkata penyakit ini sekarang menjadi lebih mudah menular. Kekuatiran meningkat bahwa merebaknya penyakit ini bisa memukul pertumbuhan ekonomi dunia. Harga-harga komoditi mentah termasuk minyak mentah tumbang. Sedangkan harga emas safe-haven melonjak pada hari Senin kemarin. Minggu ini adalah hari liburan tahun baru Cina. Otoritas Cina telah memperpanjang liburan selama dua hari karena wabah virus corona ini.

Sementara, indeks dolar AS sedikit naik dan menyentuh ketinggian selama tujuh minggu semalam, dengan naiknya USD.

Sementara, indeks dolar AS sedikit naik dan menyentuh ketinggian selama tujuh minggu semalam, dengan naiknya USD.

Pergerakan naik harga emas memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek secara keseluruhan. Obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang kuat di $1,613.30 setelah terlebih dahulu harus berhasil menembus $1,588.40 dan kemudian $1,600.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,550.00 setelah terlebih dahulu harus berhasil menembus $1,575.30 dan kemudian $1,565.00. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.