PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 27 September 2019

Rifan Financindo

 

Rifan Financindo – Harga emas dan perak mengarah kepelemahan pada pertengahan perdagangan sesi Amerika Serikat. Gerakan naik metal telah mengalami sedikit kemunduran dan harus menunjukkan kekuatan yang baru untuk bisa tetap mempertahankan tren naiknya.

Emas berjangka bulan Desember terakhir naik $0.30 per ons pada $1,512.60. Harga perak Comex bulan Desember terakhir turun $0.178 pada $17.89 per ons.

Laporan hari kemarin mengenai perkiraan ketiga dari GDP AS kuartal kedua muncul di 2.0% yang tidak berubah dari sebelumnya dan sesuai dengan ekspektasi pasar.

Pasar saham Asia dan Eropa kebanyakan naik semalam. Indeks saham AS melemah. Pasar saham dunia terdorong oleh kenaikan persepsi di pasar mengenai persetujuan perdagangan AS – Cina sedang dalam perjalanan.

Namun saham-saham AS tertekan oleh karena masalah politik di kongres AS. Naik – turunnya retorika perdagangan AS-Cina sekarang sedang dalam kondisi naik, setelah komentar yang positip dari Presiden Trump pada hari Rabu yang lalu, namun berita yang positip dari medan perdagangan ini ditumpulkan oleh Dewan Rakyat AS, yang sedang mempertimbangkan untuk meng”impeached” Trump atas apa yang Dewan katakan sebagai komentar illegal yang dibuat oleh Trump kepada pejabat Ukraina. Pemerintahan Trump pada hari Rabu merilis transkrip komentarnya ke pejabat resmi.

Transkip pembicaraan melalui telepon antara Presiden Donald Trump dengan rekannya dari Ukraina Volodymir Zelensky menunjukkan bahwa Trump berusaha menggali kotoran atas Joe Biden – rival utamanya pada 2020. Rilis transkrip ini membangkitkan kemarahan partai Demokrat yang meminta presiden untuk di-impeached. Sementara kemungkinannya kecil, tetap akan mempengaruhi pasar. Dolar AS mengalami kenaikan karenanya.

Secara tehnikal, obyektif penurunan harga emas lebih jauh adalah menembus batas “support” yang solid di $1,490.70 yang terlebih dahulu harus melalui $1,507.10 dan kemudian $1,500.00. Sedangkan apabila berbalik naik, obyektif pergerakan harga emas adalah menembus batas “resistance” yang solid di $1,566.20 yang terlebih dahulu harus melalui $1,519.50 dan kemudian $1,525.00. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : vibiznews