Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 25 Februari 2020

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Metal berharga emas naik hampir $50 pada minggu lalu dan terus meningkat pada awal perdagangan sesi Asia pada hari Senin kemarin. Pada pertengahan perdagangan sesi Amerika Serikat emas masih melanjutkan kenaikannya dengan solid sebelum akhirnya turun dari ketinggian dalam perdagangan semalam dengan pandemik virus corona membuat trader dan investor sedunia terkesima dan mencari metal berharga emas. Setelah naik sekitar $40 dan mencapai level tertinggi di dalam lebih dari 7 tahun di $1,689 per ons, emas menghapus sebagian dari keuntungannya, turun ke $1,674 dimana masih naik 1,85% atau $31 secara basis harian, pada akhir perdagangan semalam dan pada pagi hari ini di awal perdagangan sesi Asia, emas turun lagi dan diperdagangkan di $1,657. Sementara harga emas Antam meningkat Rp 10.000,- menjadi Rp 819.000 per gram.

Pasar di seluruh dunia digoncang oleh meningkatnya ketakutan secara signifikan terhadap perkembangan virus corona yang semakin besar dengan dampak ekonominya yang signifikan. Emas naik sekitar $40 ke ketinggian selama 7 tahun, Treasuries AS mengalami rally yang tajam, indeks dolar AS naik, minyak mentah turun tajam dan banyak komoditi mentah lainnya merasakan tekanan jual. Saham-saham Asia dan Eropa turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS turun tajam pada perdagangan tengah hari, dengan DJIA turun lebih dari 1000 poin.

Sementara korban manusia terus bertambah dari virus corona, dampak negatif ekonomi juga berkembang. Apa yang mencekam pasar adalah ketidakpastian yang tinggi akan bagaimana situasi ini bisa berakhir. Tidak ada konsensus samasekali mengenai hasil akhirnya.

Provinsi Hubei di Cina tetap menjadi episentrum dari penyakit tersebut dan laporan mengenai disingkirkannya restriksi perjalanan terbukti prematur. Meskipun demikian, perhatian dunia bergerak ke negara lain. Itali telah mengkonfirmasi empat kematian dan sekitar 50.000 orang berada di dalam penutupan di bagian utara negeri ini. Beberapa event publik telah dibatalkan.

Korea Selatan terus melaporkan kasus-kasus baru, kebanyakan disekitar sekte agama yang tertutup, membuat identifikasi menjadi semakin rumit. Dua kota telah dikhususkan sebagai “zona perhatian special”. Samsung, salah satu perusahaan terbesar di dunia, menutup operasinya di salah satu pabrik di negara tersebut.

Kenaikan kembali dari harga emas akan berhadapan dengan “resistance” yang terdekat di $1,655.58 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,667.60 dan kemudian $1,685.88. Sedangkan apabila turun akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,625.28 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,607.00 dan kemudian $1,594.98. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Bookmark the permalink.

Comments are closed.