Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 23 Oktober 2019

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Harga emas dan perak naik sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Selasa kemarin. Namun, keuntungan metal “safe-haven” ini dibatasi oleh pasar saham global yang menguat, termasuk indeks saham Amerika Serikat yang diperdagangkan sangat mendekati ke ketinggian tahunan sepanjang waktu. Pasar emas dan perak sedang memerlukan sejumlah berita­-berita “bullish” dengan medan geopolitik telah menjadi tenang belakangan ini.

Emas berjangka bulan Desember terakhir naik $1.30 per ons pada $1,489.50. Harga perak Comex bulan Desember terakhir naik $0.003 pada $17.605 per ons.

Indeks saham Asia dan Eropa bercampur dengan kebanyakan menguat dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah ke bercampur pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Sikap para trader dan investor di seluruh dunia tetap secara umum semangat awal minggu ini. Negosiasi perdagangan AS-Cina kelihatannya mengalami kemajuan. Presiden Trump berkata pada hari Senin sore pembicaraan perdagangan berjalan sangat baik¸ menunjukkan persetujuan perdagangan diantara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini bisa ditanda tangani secepatnya pada bulan depan.

Situasi Brexit tetap tidak menentu pada minggu ini, setelah kesepakatan yang penuh harapan pada akhir minggu antara Inggris dengan Uni Eropa gagal diteruskan. Parlemen Inggris bergerak untuk sekali lagi menunda untuk mengesahkan kesepakatan Brexit. Ketidak pastian mengenai hal ini memicu keengganan terhadap resiko dari para trader Eropa.

Para pejabat Uni Eropa memperingati lima negara mengenai batasan budget Uni Eropa yang tidak dipenuhi, yang juga menyebabkan keprihatinan diantara pengamat pasar Eropa.

Hal kunci diluar pasar metal pada hari kemarin adalah harga minyak mentah Nymex yang menguat pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat dan diperdagangkan sekitar $53.50 per barel. Sementara indeks dolar AS sedikit menguat karena koreksi lemah dari tekanan jual belakangan ini yang menggerakan indeks dolar AS ke kerendahan selama Sembilan bulan.

Runtuhnya volatilitas harga di dalam tiga sesi terakhir belakangan ini menunjukkan pergerakan harga yang lebih besar sudah dekat. Pergerakan naik masih memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek secara keseluruhan, meskipun tren turun enam minggu masih berlangsung di dalam grafik bar harian. Obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,525.00 setelah terlebih dahulu melewati $1,500.00 dan kemudian $1,503.00. Sedangkan obyektif penurun harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,465.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,490.00 dan kemudian $1,478.00. Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.