Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 21 November 2019

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Harga emas bertengger dekat level yang tidak berubah pada hari kemarin diawal perdagangan sesi Amerika Serikat menjelang dikeluarkannya risalah pertemuan FOMC.

Emas berjangka bulan Desember terakhir turun $0.60 per ons pada $1,473.30. Harga perak Comex bulan Desember terakhir turun $0.058 pada $17.06 per ons.

Menurut risalah pertemuan kebijakan moneter AS (FOMC) bulan Oktober, kebanyakan pembuat kebijakan mengatakan bahwa pemangkasan tingkat bunga adalah pantas sementara memberikan catatan bahwa hal ini pantas karena lemahnya pertumbuhan ekonomi global. Meskipun demikian penurunan tingkat bunga bukannya tanpa tentangan. Pada setiap pertemuan yang menghasilkan pemangkasan tingkat bunga sebesar 25 basis poin, dua gubernur, Esther George dari Kansas City dan Eric Rosengren dari Boston menentang pemangkasan. Pasar sebagian besar mengabaikan risalah pertemuan FOMC dan hanya memberikan dampak yang tidak berarti bagi dolar AS dan emas.

Pasar saham Asia dan Eropa melemah dalam perdagangan semalam dan indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Ada kenaikan keengganan terhadap resiko pada pertengahan minggu ini setelah komentar dari Presiden AS hari Selasa yang mengatakan bahwa AS bisa mengenakan tarif lebih banyak terhadap Cina. Laporan terus berdatangan dari Cina bahwa tidak ada kesepakatan perdagangan kecuali AS mengangkat semua tarif atas impor Cina ke AS. Trump bisa mengenakan tarif lebih banyak lagi atas barang-barang Cina pada tanggal 15 Desember. Sementara kongres AS menambah kesulitan dengan mengeluarkan resolusi mendukung para protester di Hong Kong.

Hal kunci lain diluar pasar metal berharga adalah sedikit menguatnya indeks dolar AS, naik sedikit sebesar 0.12% pada 97.95 dan harga minyak mentah Nymex sedikit naik, diperdagangkan disekitar $55.35 per barel.

Harga emas berada pada tren turun secara grafik bar harian. Obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,400.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,465.10 dan kemudian $1,456.60. Sementara itu obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $1,500.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,479.20 dan $1,490.00. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.