Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 12 Februari 2020

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga emas turun secara moderat pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Selasa kemarin. Pada hari kemarin, pasar global telah memutuskan untuk mengabaikan wabah virus corona yang terus menyebar, yang pada gilirannya telah menekan harga emas.

Emas berjangka bulan Februari terakhir turun $6.80 per ons pada $1,572.70. Sementara harga emas Antam naik Rp 1000 per gram pada Rp 776.000.

Saham-saham Asia dan Eropa kebanyakan menguat semalam. Indeks saham AS juga mengarah naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Sementara wabah virus corona tetap terus menyebar, penyebarannya berlangsung dengan tingkat kecepatan yang melambat akan kasus-kasus baru, yang sekali lagi agak meredakan pasar hari Selas kemarin. Sekarang dilaporkan sudah lebih dari 1000 yang meninggal dan lebih dari 42,500 yang tertular. Para trader dan investor telah menjadi tenang sebelum hal ini berlangsung, hanya untuk menjadi tidak tenang lagi. Sekali lagi, para trader dan pasar plin-plan.

Fokus para trader Amerika Serikat pada hari Selasa kemarin ada pada testimony dari Gubernur Federal Reserve Jerome Powell di hadapan komite jasa keuangan Kongres AS.

Di dalam pernyataan pembukaannya yang relatif pendek, Gubernur bank sentral AS Powell mengatakan bahwa aktifitas ekonomi AS telah berkembang dengan kecepatan yang moderat sekalipun resiko terhadap ekonomi global tetap ada. Ekonomi AS tetap tangguh. Memandang kepada tingkat bunga, Powell berkata bahwa kebijakan moneter sekarang ini akan berlanjut mendukung pertumbuhan ekonomi dan mendorong inflasi sampai kepada target komite pada 2%.

Hal kunci diluar pasar metal berharga adalah naiknya harga minyak mentah dan diperdagangkan disekitara $50.30 per barel. Sementara indeks dolar AS sedikit melemah semalam setelah menyentuh ketinggian Sembilan bulan pada hari Senin.

Obyektif kenaikan harga emas selanjutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,600.00 setelah terlebih dahulu berhasil melewati $1,576.40 dan kemudian $1,580.50. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,550.00 setelah terlebih dahulu harus bisa melewati $1,569.10 dan kemudian $1,563.50. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.