PT RIFAN FINANCINDO BERJANGKA SURABAYA

Rekomendasi Pergerakan Harga Emas 1 Oktober 2019

PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo – Harga emas turun dengan solid dan menyentuh kerendahan 7 minggu pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Senin kemarin. Harga perak menyentuh kerendahan 5 minggu kemarin. Lebih banyak minat terhadap resiko di pasar pada awal minggu menjadi faktor “bearish” bagi metal “safe-haven”.  Indeks dolar AS yang kuat yang menyentuh ketinggian baru selama setahun pada hari Jumat, juga membantu menekan pasar metal berharga.

Emas berjangka bulan Desember terakhir turun $14.70 per ons pada $1,491.80. Harga perak Comex bulan Desember terakhir turun $0.382 pada $17.27 per ons.

Ada sedikit berkurangnya keengganan terhadap resiko di pasar pada hari Senin kemarin, setelah pasar dilanda laporan pada hari Jumat yang lalu, bahwa Amerika Serikat sedang mempertimbangkan untuk membatasi investasi investor AS di Cina, termasuk men-de-listing perusahaan-perusahaan Cina dari bursa saham AS. Namun, laporan pada akhir minggu mengatakan bahwa pemerintahan Trump tidak sedang mempertimbangkan pergerakan tersebut.

Pasar saham Asia bercampur kebanyakan melemah, sementara pasar saham Eropa juga dalam keadaan bercampur di dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit lebih tinggi pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Hari ini adalah hari perdagangan yang baru memasuki bulan dan kuartal yang baru, yang membuat hari ini menjadi hari yang ekstra penting dari perspektif tehnikal.

Pasar saham Asian mengalami tekanan jual setelah demonstrasi di Hong Kong selama 17 minggu berturut-turut tanpa berhenti. Minggu lalu menjadi yang paling buruk, dengan banyak yang ditangkap setelah para protestor membombardir polisi dengan segala sesuatu dari batubata sampai bom Molotov.

Faktor kunci diluar pasar metal kemarin adalah turunnya harga minyak mentah Nymex dan diperdagangkan disekitar $55.25 per barel.

Harga emas sempat tergelincir ke bawah “support” $1,484 pada hari Senin kemarin setelah aksi jual. Sejak menyentuh puncak pada tanggal 4 September, harga metal berharga telah turun hampir 5% dengan para investor mengambil untung dari rally belakangan ini – bersamaan dengan penurunan di dalam keengganan terhadap resiko. Sekarang harga emas cenderung melanjutkan penurunannya ke “support” berikutnya di $1,462 dan kemudian ke $1,450. Apabila terjadi sebaliknya, harga emas akan berhadapan dengan “resistance” awal di $1,507 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $1,517 dan kemudian $1,537. PT Rifan Financindo.

 

 

Sumber : Vibiznews

Leave a Reply