Rekomendasi Harga Emas 9 Juni 2020: Naik Karena Koreksi Normal

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Harga emas naik pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Senin kemarin, karena koreksi normal dari tekanan jual belakangan ini yang telah merusak grafik jangka pendek pasar emas. Dolar AS yang goyah di pasar forex dan naiknya harga minyak mentah adalah kekuatan “bullish” diluar pasar metal berharga yang bekerja mendukung pasar metal berharga untuk naik memulai minggu perdagangan yang sakit.

Meskipun demikian metal safe-haven ini masih tertekan dengan naiknya minat terhadap resiko dari para trader dan investor belakangan ini yang telah membuat uang mengalir ke pasar saham.

Emas berjangka bulan Agustus terakhir naik $13.50 per ons pada $1,696.40. Sementara emas Antam ditawarkan beli tidak berubah di Rp 876.000,-

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit naik pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Nasdaq menyentuh rekor ketinggian semalam, sementara indeks saham S&P 500 menyentuh ketinggian selama 3 bulan. Bisnis di ekonomi global utama terus dibuka kembali dan hal ini mengangkat semangat para trader dan investor.

Meskipun demikian, interaksi sosial beberapa minggu yang lalu, telah menyebabkan kenaikan di dalam infeksi Covid-19 di beberapa negara bagian AS. Sementara keresahan sipili di AS telah banyak berkurang dalam kekerasan dan sebegitu jauh paling damai.

Laporan angka NFP menguat secara mengejutkan, dimana AS menambah 2,5 juta pekerjaan, kejutan yang positip dibandingkan dengan perkiraan akan kehilangan posisi sebanyak jutaan. Tingkat pengangguran juga turun ke 13.3% dari sebelumnya 14.7%. Laporan pada hari Jumat minggu lalu ini menunjukkan bahwa ekonomi AS akan mengalami pemulihan dalam bentuk V dari kerusakan karena Covid-19. Salah seorang analis pasar mengatakan bahwa kita kemungkinan akan melihat rekor resesi yang tersingkat yang pernah terjadi di dunia. Melesetnya dalam jumlah yang signifikan perkiraan angka pekerjaan oleh para analis dan ekonom pada bulan Mei ini membangkitkan pertanyaan mengenai ketepatan asumsi yang dibuat juga oleh para bank sentral termasuk Federal Reserve pada beberapa bulan yang lalu.

Kenaikan harga emas selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,701.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,715.00 dan kemudian $1,732.66. Sedangkan “support” terdekat menunggu di $1,680.70 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,671.70 dan kemudian $1,650.00. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.