Rekomendasi Harga Emas 5 Mei 2020: Emas Naik Karena Permintaan “Safe-Haven”

Rifanfinancindo

Rifanfinancindo – Harga emas membukukan keuntungan yang bagus pada awal perdagangan hari Senin kemarin, karena permintaan “safe-haven” ditengah meningkatnya ketegangan AS-Cina yang mengancam perang dagang berikutnya atau bahkan lebih buruk lagi.

Emas berjangka bulan Juni terakhir naik $17.40 per ons pada $1,718.80. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 914.000, – per gram, turun Rp 2000,-

Presiden AS Donald Trump telah membangkitkan kembali ketegangan perdagangan dengan mengatakan bahwa Cina tidak memenuhi kesepakatan perdagangan dan telah mengancam akan menghentikannya. Kesepakatan ini ditanda tangani pada bulan Januari pada saat Covid-19 sedang menyebar.

Selain itu ditambah lagi dengan Sekretaris Negara AS Mike Pompeo mengatakan ada banyak bukti bahwa coronavirus muncul dari laboratorium yang ada di Wuhan Cina. Para ilmiahwan menolak teori bahwa virus corona dibuat oleh manusia, namun kebocoran dari laboratorium masih akan menghancurkan nama baik dari Cina dan terhadap hubungan diantara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Pasar saham global kebanyakan turun dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Penggerak pasar terdepan pada minggu ini adalah ketegangan hubungan AS – Cina. Namun, pandemik Covid-19 dan dampaknya yang destruktif atas ekonomi global terus menjadi fokus.

Survey Purchasing Manager di seluruh dunia yang dirilis pada hari Jumat dan Senin, menunjukkan kontraksi yang belum pernah terjadi sebelumnya di sektor ekonomi yang penting selama bulan April.

Manufacturing Purchasing Manager Index Spanyol di bulan April muncul di 30.8, lebih buruk daripada yang diperkirakan namun masih diatas kerendahan dari krisis 2008-2009.

Gambaran yang serupa terlihat di Itali, negara ketiga terbesar di Eropa yang juga mengangkat sebagian batasan dan juga terpukul keras oleh Covid-19. PMI manufacturing muncul di 31.1 jauh dibawah batas 50 yang memisahkan ekspansi dengan kontraksi.

Kenaikan harga emas selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,726.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,737.00 dan kemudian $1,788.80. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,700.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,676.00 dan kemudian $1,666.20. Rifanfinancindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.