Rekomendasi Harga Emas 4 Agustus: Koreksi Normal Setelah Naik

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Harga emas mantap dan sempat naik menyentuh rekor ketinggian di $1,997.00 pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat, sebelum akhirnya turun kembali. Emas berjangka kontrak bulan Oktober terakhir naik $2.20 per ons pada $1,976.10. Permintaan safe-haven dan grafik tehnikal yang bullish terus membuat minat beli tetap tinggi terhadap emas. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 1.028.000,- per gram.

Pasar saham global bervariasi menuju naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah ke bervariasi dengan kebanyakan menguat pada saat perdagangan sesi New York dimulai. Berita besar di dunia bisnis adalah laporan akhir minggu lalu dimana Presiden AS Donald Trump memberikan waktu kepada perusahaan Cina Tik Tok 45 hari untuk menjual operasinya di AS, dengan mengatakan Tik Tok adalah ancaman bagi keamanan nasional terhadap AS. Microsoft berkata pada hari Minggu berencana untuk membeli Tik Tok. Pergerakan ini meningkatkan kembali ketegangan antara AS dengan Cina yang merupakan faktor bullish bagi pasar emas yang safe-haven.

PMI manufaktur Caixin Cina dilaporkan pada hari Senin di 52.8 pada bulan Juli dibandingkan dengan 51.2 pada bulan Juni dan angka perkiraan sebesar 51.1. Bank sentral Cina berkata mereka akan mendorong supply uang besar-besaran untuk membiayai usaha kecil dan manufaktur dalam bentuk pinjaman jangka panjang.

Sementara itu, PMI Manufaktur zona Euro untuk bulan Juli direvisi naik menjadi 51.8 dari sebelumnya 47.4 pada bulan Juni dan perkiraan pada bulan Juli sebesar 51.1.

Indeks dolar AS mengalami koreksi naik setelah menyentuh kerendahan selama 2 tahun pada minggu lalu. Hal ini merupakan faktor bearish bagi pasar metal berharga.

Naiknya indeks dolar AS ini bisa membuat harga emas terkoreksi turun lebih dahulu sebelum akhirnya naik lagi, dengan “support” terdekat menunggu di $1,960.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,948.85 dan kemudian $ 1,924.26. “Resistance” terdekat menunggu di $1,987.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,998.04 kemudian $2022.64. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.