Rekomendasi Harga Emas 30 Maret – 3 April 2020: Bullish Lebih Besar Dari Bearish

Rifanfinancindo

Rifanfinancindo – Permintaan akan dolar AS akhirnya mereda pada minggu lalu, membawa kepada pemulihan terhadap harga emas. Emas berjangka Comex bulan April menjulang ke ketinggian $1,698.00, sebelum akhirnya turun lagi ke $1,640.00 per ons. Penyebaran coronavirus berlangsung dengan cepat. Jumlah kasus secara global telah melampaui 670.000, dan jumlah kasus di Amerika Serikat telah mengatasi Cina dan Itali.

Jumlah kasus di AS naik lebih dari 123.000 dengan lebih dari 2200 meninggal. Apa yang membuat berita mengenai AS mengkuatirkan adalah karena ekonomi global banyak tergantung pasar AS dan konsumen AS.

Korban yang meninggal di Eropa terus bertambah khususnya di Itali, diikuti oleh Spanyol dan Inggris dibelakangnya yang bahkan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, pangeran Charles dan Ratu Elizabeth telah tertular juga.

Dunia juga akan mengamati Itali untuk melihat apakah kurvanya akan menjadi datar. Jika menjadi datar dengan tren perlambatan yang solid, tandanya langkah “social distancing” benar-benar efektif dan untuk itu bisa diperkirakan kedepannya untuk Amerika.

Penurunan dolar AS disebabkan karena pergerakan dari bank sentral AS Federal Reserve dan Pemerintah Amerika Serikat.

Federal Reserve mengumumkan program quantitative easing terbuka tanpa batas. Bank sentral AS ini mengatakan akan membeli surat berharga Treasury dan surat berharga yang dijamin “mortgage” agen dalam jumlah sebanyak yang diperlukan untuk mendukung pasar berfungsi dengan mulus dan mendukung tersalurkannya kebijakan moneter dengan efektif sehingga mengembangkan ekonomi dan kondisi keuangan.

Sebelumnya Federal Reserve telah memangkas tingkat suku bunga sebesar 50 basis poin dan lalu mengumumkan tambahan pemotongan 100 basis poin dan membuat likuiditas “swaps” dolar dengan 5 banks sentral yaitu Bank of Canada, Bank of England, Bank of Japan, ECB dan Swiss National Bank dan 10 bank sentral lainnya, serta mengumumkan program pembelian assets senilai $700 miliar.

Disisi fiskal, Senat dan Kongres AS telah meloloskan paket stimulus senilai $2 triliun, setelah proses yang panjang. Sebagian besar dari dana di dedikasikan terhadap pinjaman daripada uang tunai langsung kepada ekonomi yang sedang berjuang naik.

Dampak dari langkah-langkah stimulus dan kebijakan moneter yang longgar dari the Fed dan pemerintah AS akan terasa paling tidak selama beberapa minggu dan kemungkinan sampai beberapa bulan ke depan, meskipun hanya sampai pada mengontrol kerusakan, bukan pertumbuhan. Rifanfinancindo.

Pukulan terhadap dolar AS bertambah dengan laporan klaim pengangguran AS keluar untuk pertama kalinya mencapai rekor dengan angka 3.283.000 orang, yang disebabkan karena PHK yang terjadi akibat menyebarnya wabah coronavirus.

Laporan ini adalah salah satu dari laporan utama yang pertama dikeluarkan yang bisa menggambarkan sekilas dampak ekonomi dari “lockdown” dan usaha karantina sendiri untuk memerangi penyebaran dari virus. Angka yang keluar kali ini membuat angka klaim pengangguran yang lama yang paling tinggi sebanyak 695.000 pada bulan Oktober 1982 menjadi tidak ada artinya.

Dengan pasar emas telah mulai pulih dari cengkraman likuditas, mayoritas dari analis memperkirakan harga emas akan naik pada minggu ini dimana setiap penurunan kelihatannya akan dibeli dari bawah.

Dari 14 profesional pasar yang mengambil bagian di dalam survey Wall Street yang diadakan oleh KitcoNews, ada 10 atau 71% yang mengatakan emas akan naik minggu ini. 1 responden atau 7% mengatakan akan turun sementara 3 atau 21% netral atau memandang harga emas akan “sideways”.

Sementara dari 1,595 suara yang masuk dari polling online Main Street yang dilakukan oleh KitcoNews, sebanyak 1,138 suara atau 71% memandang emas akan naik minggu ini. 244 yang lain berkata emas akan turun dan sisa 213 atau 13% netral.

Penurunan harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,620.20 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,603.35 dan kemudian $1,577.44. Sedangkan “resistance” terdekat berada pada $1,649.72 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,670.18 kemudian $1,716.55. Rifanfinancindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.