Rekomendasi Harga Emas 28 – 31 Desember 2020: Akhir Tahun 2020 Menyentuh $1,900?

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Para investor akan menggunakan minggu terakhir dari tahun ini untuk menimbun persediaan. Para trader mengambil keuntungannya dan menginvestasikannya ke assets yang lebih aman. Hal ini menguntungkan bagi emas.

Dari perspektif musiman emas juga cenderung naik pada akhir Desember dan pada permulaan Januari.

Bagi para assets managers yang ingin membukukan keuntungan dan mengurangi resiko di portofolio investasinya, emas kemungkinan akan mendapatkan arus masuk yang signifikan pada hari – hari terakhir dari tahun 2020.

Selama imbal hasil riil terus diperdagangkan di teritori yang negatip, yang kemungkinan menjadi skenario ke depannya nanti, metal kuning akan tetap positip.

Emas berjangka kontrak bulan Februari diperdagangkan di $1,882.50, naik 0.23% dalam sehari.

Minggu depan emas bisa menyentuh $1,900. “Resistance” yang pertama berada di $1,889.40 dan kemudian baru $1,900 dan akhirnya $1,910. Sedangkan “support” terdekat berada di $1,859.00 dan kemudian $1,850.00.

Secara keseluruhan, tahun 2020 adalah tahun yang sangat positip bagi emas, dengan harga emas mengalami kenaikan lebih dari 22% sejak awal tahun.

Para analis tetap positip terhadap metal kuning dengan banyak yang memproyeksikan harga emas akan mengalami rekor ketinggian yang baru pada tahun yang baru 2021. Salah satu level ketinggian yang diperkirakan akan bisa dicapai pada tahun depan adalah $2,300.

Fokus pada tahun 2021 adalah eksekusi vaksin, meskipun hal ini tidak akan menjadi alasan mengapa emas akan menyentuh ketinggian baru pada tahun depan.

Tahun 2021 akan menjadi tahun yang kuat bagi emas. Kita akan melihat stimulus fiskal dan moneter yang belum pernah terjadi sebelumnya terus berlanjut pada paruh pertama dari tahun 2021. Alasan utama dari potensi kenaikan harga emas pada tahun depan adalah “reflation” yaitu inflasi yang terjadi setelah terjadinya deflasi, yang akan mendorong pelarian ke emas sebagai keamanan dalam perdagangan. Federal Reserve telah konsisten dan kita akan melihat lebih banyak dukungan fiskal pada tahun depan. Itulah sebabnya kenapa emas akan membuat kenaikan yang kuat ke arah $2,300. Hal ini akan terjadi tidak peduli bagaimana hasil daripada vaksin yang berlangsung pada tahun depan.

Minggu ini data ekonomi akan sangat sedikit, dengan para investor akan memperhatikan CB Consumer Confidence AS pada hari Selasa dan Pending Home Sales AS pada hari Rabu. Para analis juga akan memonitor reaksi pasar terhadap kesepakatan perdagangan Brexit dengan Uni Eropa yang akan menjadi berita utama pada hari Kamis. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

rifan financindo