Rekomendasi Harga Emas 23 Oktober 2020: Turun Karena Memudarnya Harapan Stimulus AS

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga emas turun lumayan dalam, diperdagangkan berlawanan dengan pergerakan indeks dolar AS yang pada pagi hari Kamis mengalami koreksi naik setelah menyentuh kerendahan selama enam minggu pada hari Rabu. Emas tidak bisa mengalami kenaikan bahkan pada saat indeks saham AS mulai goyah.

Harga emas bertahan di “support” mendekati $1,900 setelah mengalami tekanan jual yang baru dengan lebih sedikitnya orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran dibandingkan dengan yang diperkirakan.

Departemen tenaga kerja AS mengatakan bahwa orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran pertama kalinya, menurun sebanyak 55.000 ke 787.000 dari level minggu lalu yang telah direvisi di 842.000. Data dari pasar tenaga kerja AS yang terbaru ini lebih bagus secara signifikan dari yang diperkirakan. Konsensus pasar memperkirakan klaim pengangguran AS akan berada disekitar 860.000. Data tenaga kerja yang lebih baik daripada yang diperkirakan ini menambah tekanan turun terhadap harga emas. Emas berjangka kontrak bulan Desember diperdagangkan turun lebih dari 1,2% ke $1,905.80 per ons.

Pasar saham global bervariasi dalam perdagangan semalam, dengan saham-saham Asia kebanyakan melemah dan saham-saham Eropa kebanyakan menguat. Indeks saham AS dibuka dengan sedikit melemah pada saat perdagangan sesi New York dimulai. Minat terhadap resiko diantara para trader dan investor memudar baru-baru ini.

Diskusi paket stimulus antara Kongres AS yang dikuasai Demokrat dengan Pemerintahan Presiden AS Donald Trump tetap berlanjut bahkan setelah tenggat waktu kesepakatan telah lewat. Namun para investor tetap skeptic paket stimulus bisa lolos dari Senat yang dikuasai oleh Republikan sebelum tanggal pemilihan presiden 3 November berlangsung.

Optimisme stimulus kelihatannya telah memudar dengan masih tetap adanya oposisi yang kuat dari dalam partai Trump sendiri, yakni Republikan. Ditambah lagi, Trump pada hari Rabu menuduh Demokrat tidak bersedia untuk mengukir kompromi yang dapat diterima mengenai stimulus. Melambatnya pembicaraan mengenai stimulus AS ini menambah ketidakpastian mengenai outlook ekonomi AS dan berdampak kepada sentimen resiko global.

Penurunan lebih lanjut harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,898.09 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,885.00 dan kemudian $1,851.00. Sedangkan kenaikannya kembali akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,914.60 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,922.68 dan kemudian $1,939.19. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.