Rekomendasi Harga Emas 21 – 25 Desember 2020: Rally Sampai Natal?

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Mengakhiri tahun yang penuh dengan masalah pada tahun ini, harga emas kembali mengalami rally karena taruhan akan muncul lebih banyak stimulus pada minggu ini.

Harga emas berusaha untuk menembus level “resistance” psikologis di $1,900 per ons pada minggu lalu, meskipun masih belum berhasil. Emas berjangka kontrak bulan Februari diperdagangkan di $1,888.70 naik 2.5% dalam seminggu pada minggu lalu.

Emas mengalami kenaikan hampir $70 pada minggu lalu dengan Gubernur Federal Reserve AS, Jerome Powell menekankan bahwa bank sentral AS ini akan melanjutkan pembelian assets sampai  benar – benar selesai.

Target harga emas sampai Natal adalah mencapai $1,925.

Powell membuat semua menjadi jelas bahwa dia tidak mengantisipasi pengetatan apapun sampai 2013. Hal ini berarti Fed mengindikasikan kebijakan moneter yang mudah selama paling tidak dua tahun dan target inflasi yang flexible.

Dengan demikian emas tetap sangat konstruktif sampai ekonomi global mulai normal pada kuartal ketiga tahun depan.  Dari perspektif fiskal dan bank sentral, mereka akan terus akomodatif yang akan mengembangkan defisit dan memukul dolar AS. Hal ini akan konstruktif bagi metal berharga.

Agenda kunci pada minggu ini adalah fiskal stimulus AS dan Brexit.

Kongres AS hanya punya waktu beberapa jam untuk menghindarkan dari penutupan pemerintahan dan memfinalkan paket kelegaan coronavirus senilai $900 miliar. Sampai akhir minggu kemarin, pasar telah memperhitungkan paket stimulus senilai $900 miliar. Apabila lebih kecil dari ini akan berakibat negatip.

Agenda lain adalah negosiasi Brexit. Saat ini kemungkinan Inggris akan meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan adalah 50:50. Apabila lebih besar lagi kemungkinannya, maka hal ini akan negatip bagi metal berharga pada minggu ini.

Brexit yang tanpa kesepakatan akan menciptakan ketakutan dan ketidakpastian yang akan mendorong emas naik. Akan ada dislokasi keuangan antara London dengan Eropa. Hal ini menciptakan ketakutan dan orang – orang Eropa kemudian akan berbalik dan membeli emas.

Kenaikan harga emas akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,889.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1.900.00 dan kemudian $1,920.00. Sedangkan “support” terdekat menunggu di $1,880.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,877 dan kemudian $1,850.00. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

rifan financindo