Rekomendasi Harga Emas 20 Maret 2020: Pasar Volatil

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga emas diperdagangkan turun sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Kamis kemarin, ditengah pasar global yang terpukul sangat keras yang membuat para pembeli hanya bisa berdiri dipinggir menonton. Stabilitas di pasar tetap tidak jelas di dalam krisis ekonomi yang belum pernah terjadi seperti ini sebelumnya. Seorang trader veteran berkomentar,”Berikan kami berita buruk dan kami akan bisa mengatasinya. Namun, berikan kami ketidakpastian yang ekstrim dan kepanikan dan dislokasi pasar, maka kami akan sangat sulit untuk bisa mengatasinya.”

Emas berjangka bulan April terakhir turun $7.80 per ons pada $1,470.20. Sementara emas Antam ditawarkan untuk dibeli pada Rp 814.000,- per gram, turun Rp 12.000 dari sebelumnya.

Pasar saham global bercampur pada perdagangan semalam, dengan saham-saham Asia kebanyakan turun dan saham-saham Eropa kebanyakan naik. Sementara indeks saham berjangka AS mengarah turun pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai.

Pandemik coronavirus terus mencengkeram pasar global. Cina melaporkan semalam bahwa tidak ada pelaporan kasus baru mengenai coronavirus di negara Cina pada hari Kamis, meskipun banyak yang meragukan kebenaran dari berita yang datang dari pemerintah Cina.

European Central Bank (ECB) melangkah masuk dan berkata akan membeli 750 miliar Euro di dalam saham untuk melikuidkan sistem keuangan Eropa. ECB memberikan nama untuk usaha ini sebagai “Pandemic Emergency Purchase Program”.

Setelah pasar tutup pada hari Rabu, the Federal Reserve masih menambah lebih banyak likuiditas jangka pendek ke sistem keuangan Amerika Serikat. Pemerintah Amerika Serikat sedang menyiapkan paket bantuan keuangan bagi pebisnis dan penduduk Amerika.

Indeks dolar AS naik lagi pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat dan menyentuh ketinggian tiga tahun yang baru. Pasar dunia telah melihat konfirmasi bahwa dolar AS masih raja ketika keadaan benar-benar sulit. Hampir semua orang berusaha untuk memegang dolar AS sebagai tempat penyimpanan “safe-haven”.

Secara tehnikal tren “bearish” dengan “support” terdekat berada pada $1,460.10 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,450.90 dan kemudian $1,437.16. Sedangkan apabila berhasil naik lagi, “resistance” terdekat berada pada $1,500.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,525.00 dan kemudian $1,550.00. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.