Rekomendasi Harga Emas 20 – 24 Juli 2020: Emas Berhenti di $1,800, Pertanda Naik atau Turun?

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga emas naik sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Jumat ditengah arus safe-haven yang mantap dan pembelian berdasarkan analisa grafik tehnikal. Emas saat ini diperdagangkan di $ 1,808, dengan potensi naik lebih tinggi.

Emas terus bertahan di level kunci $1,800 per ons. Apakan ini pertanda akan terjadi rally atau kekurangan pembeli.

Emas telah diperdagangkan seperti asset beresiko belakangan ini – naik dan turun bersamaan dengan saham. Metal berharga ini telah mencapai rentang yang baru di $1,750 – $1,830 pada bulan Juli, naik dari rentang bulan April $1,668 – $1,750.

Emas saat ini diperdagangkan atas minat terhadap resiko. Ketika minat terhadap resiko naik, dolar AS turun dan ini bagus buat emas. Dolar AS dan imbal hasil riil penting untuk diperhatikan kedepannya.

Namun, rally emas yang kuat berhenti pada saat ini dengan metal kuning ini diperdagangkan disekitar $1,800 per ons.

Pergerakan harga emas yang “sideways” ini bisa berarti dua hal. Akan terjadi rally berikutnya yang signifikan atau terjadi aksi jual besar-besaran karena kekurangan pembeli.

Pergerakan yang serba “sideways” ini bisa berarti dua hal. Semakin lama bergerak “sideways” semakin membentuk level “support” yang kuat yang berarti bisa membuat harga akan naik jauh lebih tinggi. Atau dia bisa berarti pasar emas sedang kesulitan menemukan pembeli-pembeli untuk membawa harga naik lebih tinggi. Pada level ini, jika terjadi sesuatu yang besar, akan terjadi terobosan di saham, emas dan minyak atau ketiga-tiganya akan runtuh.

Jika emas bisa menembus “resistance” di $1,829 maka harga emas bisa naik ke ketinggian sepanjang waktu di $1,923, setelah lebih dahulu melewati “resistance” berikutnya di $1,850 dan $1,900.

Pola pergerakan emas yang mengikuti saham disebabkan karena banyaknya berita berbeda yang konflik satu dengan yang lain mengenai pemulihan ekonomi dan pembukaan kembali aktifitas. Jika terjadi gelombang coronavirus yang kedua yang besar, hal itu akan membuat negara bagian – negara bagian di AS menutup aktifitasnya seperti New York dan Florida, saham akan dijual dan emas mengikutinya.

Angka kematian yang baru terus meningkat di Texas, Arizona, California dan Florida, namun krisis dalam arti kematian secara keseluruhan di AS masih jauh dari buruk.

Investor akan menaruh perhatian juga terhadap pembicaraan mengenai stimulus fiskal yang akan keluar minggu ini dan minggu depan. Presiden AS Donald Trump berkata bahwa dia ingin meloloskan paket berikutnya sebelum para pembuat undang-undang di AS pergi liburan musim panas di bulan Agustus.

Saat ini emas diperdagangkan di $1,810. Kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,819.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,825.50 dan kemudian $1,850.00. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,800.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,791.10 dan kemudian $1,779.20. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.