Rekomendasi Harga Emas 20 – 24 April 2020: Koreksi yang Sehat Membawa Emas ke $,1700

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Pasar mengabaikan data yang negatif  yang historis dan sebaliknya fokus ke masa depan bagaimana aktifitas ekonomi akhirnya dibuka kembali. Saat ini sentimen pasar merupakan penggerak yang lebih besar daripada data makro ekonomi. Bagi emas hal ini berarti akan berlangsungnya tekanan “risk-on” terhadap harga emas pada minggu ini.

Sebagian optimisme di pasar telah membangkitkan investor membuat saham-saham AS naik hampir 500 poin dan sebaliknya menghapus keuntungan sekitar $80 dari emas yang mencapai ketinggian 7,5 tahun di atas $1,780 per ons pada minggu lalu.

Ada beberapa faktor yang membuat turun harga emas. Selain faktor minat terhadap resiko yang meningkat dimana emas kelihatannya telah kembali menjadi fungsi yang berlawanan dari pasar saham, ada juga elemen aksi ambil untung karena secara tehnikal sudah membuat trader berpikir untuk keluar posisi dengan mengambil keuntungan yang diperolehnya. Disamping terus menguatnya dolar AS.

Sentimen terhadap resiko yang membebani emas muncul karena laporan bahwa perusahaan obat Gilead Sciences telah mendemonstrasikan keefektifannya dalam menyembuhkan orang yang sakit karena coronavirus. Hal ini memberikan para investor harapan bahwa Amerika Serikat bisa segera membuka kembali perekonomiannya lebih cepat daripada yang diperkirakan.

Meskipun para trader kelihatannya akan membeli dari bawah setiap kali harga emas turun, seperti yang dikatakan oleh para professional di Wall Street dan para pemain pasar di Main Street, namun tekanan terhadap harga emas kelihatannya belum akan berkurang pada minggu ini.

Poin penting yang harus diperhatikan selain perkembangan penyebaran coronavirus dan data makro ekonomi AS yang akan keluar pada minggu ini, adalah apakah Federal Reserve AS masih akan terus menambah stimulusnya atau tidak. Apabila Federal Reserve AS menambah stimulusnya maka dolar AS akan mengalami tekanan dan sebaliknya harga emas akan meningkat.

Saat ini emas diperdagangkan di bawah $1,700 dengan “support” terdekat berada pada $1.672 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke $1,660 dan kemudian $1,629. Sedangkan “resistance” terdekat berada pada $1.703 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,721 dan kemudian $1,752. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.