Rekomendasi Harga Emas 19 Maret 2020: Turun Tajam Karena Ketakutan Menyerbu Pasar

Rifanfinancindo

Rifanfinancindo – Harga emas diperdagangkan turun tajam pada pertengahan perdagangan sesi Amerika Serikat hari Rabu kemarin, dengan para pembeli dari kebanyakan pasar hanya berdiri dipinggir jalan, takut untuk melompat masuk, ditengah menyebarnya malapetaka ekonomi yang datang dari merebaknya coronavirus yang berasal dari Wuhan.

Emas berjangka bulan April terakhir turun $4030 per ons pada $1,486.10. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 826.000,- naik Rp25.000,- per gram (belum terkena dampak penurunan emas dunia saat ini).

Indeks saham berjangka AS terkena batas bawah penutupan pada pertengahan perdagangan sesi Amerika Serikat hari Rabu kemarin. Pasar saham global juga turun solid dalam perdagangan semalam. Lebih dari $1 triliun paket bantuan untuk konsumen dan bisnis AS sebegitu jauh belum berhasil memberikan keyakinan kepada para trader dan investor dipertengahan minggu ini. Kebanyakan bisnis ritel, sekolah dan universitas ditutup dan jalan-jalan menjadi sepi. Perusahaan-perusahaan besar seperti Boeing dan maskapai penerbangan AS lainnya berjalan oleng menuju ke bangkrutan. Pasar surat komersial dan treasury AS tidak berfungsi baik meskipun ada serbuan masif dana-dana dari Federal Reserve. Sekretaris Treasury AS, Mnuchin pada hari Selasa memperingati tingkat pengangguran AS bisa mencapai 20%.

Para pengamat pasar veteran sedang memperhatikan kapan yang terburuk dari krisis ini akan berakhir dari perspektif pasar. Pada pertengahan minggu ini kelihatannya pasar berkata: “belum terlihat”.

Meskipun demikian masih ada harapan dimana pada hari Selasa ada kenaikan tajam di imbal hasil dari surat berharga Treasury AS kembali keatas 1.0% yang memberikan indikasi bahwa pasar sedang memandang yang terburuk dari kerusakan pasar karena wabah virus telah lewat dan bahwa panik di pasar telah berkurang.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus “resistance” yang solid di $ 1,600.00 setelah terlebih dahulu harus bisa melewati $1,500.00 dan $1,525.00. Sedangkan obyektif penurunan harga emas adalah menembus “support” yang solid di $1,450.90 setelah terlebih dahulu harus bisa melewati $1,482.60 dan kemudian $1,465.60. Rifanfinancindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.