Rekomendasi Harga Emas 17 Juni 2020: Naik Karena Bank Sentral Mengeluarkan Lebih Banyak Amunisinya.

Rifan Financindo

Rifan Financindo – Harga emas diperdagangkan naik pada pertengahan perdagangan sesi Amerika Serikat. Kenaikan metal “safe – haven” ini terjadi meskipun ada rally di pasar saham AS sebagian karena Federal Reserve AS memberikan lebih banyak stimulus moneter. Selain itu kenaikan harga emas juga disebabkan oleh karena laporan bahwa suatu obat telah direalisasikan yang bisa menurunkan resiko kematian dari pasien di ventilator sampai sepertiga juga membuat turun metal “safe – haven”.

Emas berjangka kontrak bulan Agustus terakhir diperdagangkan naik $9.50 per ons di $1,736.60. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 898.000,- per gram, turun Rp 4000,-

Laporan penjualan ritel AS bulan Mei menunjukkan kenaikan 17.7% dibandingkan dengan yang diperkirakan kenaikan yang hanya 7.7%. Ini adalah data lain dari makro ekonomi AS yang menunjukkan bahwa telah terjadi “rebound” yang mengejutkan di dalam ekonomi AS dari dampak kerusakan karena Covid-19 selama 3 bulan yang lalu.

Pasar saham global kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah naik dengan solid pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Indeks saham AS mengalami pemulihan yang kuat dari kerugian tajam pada awal minggu sebagian disebabkan karena The Fed mengumumkan bahwa mereka akan membeli obligasi korporasi sebagai bagian dari Secondary Market Corporate Credit Facility (SMCCF). The Fed sebelumnya menggunakan program ini untuk membeli Exchange Trading Funds (ETF) dan sekarang akan langsung ke obligasi, senilai $750 miliar dan termasuk membeli obligasi baru yang diterbitkan.

Presiden Donald Trump menambah optimisme pasar dengan Gedung Putih dilaporkan sedang memandang kepada program belanja infrastruktur senilai $1 triliun. Ini bisa mendorong perekonomian AS dan pasar masih tetap optimis sampai saat ini.

Semakin banyak yang setuju bahwa Federal Reserve akan terus mengeluarkan amunisinya untuk mendukung ekonomi AS. Hal ini merupakan faktor “bearish” bagi dolar AS karena kewajiban hutang pemerintah AS terus membengkak. Indeks dolar AS saat ini berada pada tren turun yang curam berdasarkan grafik batang harian.

Penurunan harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,720.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1.700.00 dan kemudian $1,688.00. Sedangkan “resistance” terdekat berada di $1,743.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750.00 dan kemudian $1,761.00. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.