Rekomendasi Harga Emas 17 Juni 2020: Koreksi Turun Karena Kenaikan Saham

Rifanfinancindo

Rifanfinancindo – Harga emas turun pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Rabu kemarin, dengan pasar saham global lompat balik kembali ke pergerakan rally setelah koreksi turun pada minggu lalu. Hal ini merupakan faktor yang negatif bagi pasar emas yang safe-haven.

Emas berjangka bulan Agustus turun $12.30 per ons pada $1,724.30. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 895.000,- per gram, turun Rp 3000,-

Pasar saham global kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah menguat pada saat pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Para trader dan investor sedang membentrokkan antara aspek “bullish” dari “rebounds” ekonomi dunia yang umumnya bergerak lebih cepat daripada yang diperkirakan ekonomi dunia yang umumnya bergerak lebih cepat daripada yang diperkirakan oleh banyak orang versus elemen “bearish” dari kebangkitan kasus yang dilaporkan di dalam Covid-19 di beberapa bagian dunia, termasuk beberapa di negara bagian AS. Pada saat ini, kelihatannya faktor pertumbuhan ekonomi global yang lebih menang. Orang-orang yang skeptis mengatakan bahwa rally di dalam pasar saham dunia terutama disebabkan oleh banjirnya yang tunai yang disuntik oleh bank sentral ke dalam sistem keuangan global.

Wall Street Journal menaikkan artikel yang berjudul “Sedikit yang siap menghadapi resiko inflasi setelah resesi” yang mengatakan bahwa di dalam krisis keuangan 2008 bank sentral menyuntik dana likuiditas yang besar ke sistem keuangan yang pada waktu itu tidak menimbulkan problem inflasi, namun situasi sekarang dianggap berbeda dalam hal dampak inflasinya.

Ada beberapa perkembangan geopolitik yang perlu diperhatikan. Korea Utara telah meningkatkan provokasi terhadap Korea Selatan baru-baru ini. Juga ada konflik militra yang pertama kalinya antara tentara India melawan tentara Cina diperbatasan kedua negara.

Penurunan lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,717.30 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,700.00 dan kemudian $1,694.42. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,743.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750.00 dan kemudian $1,761.00. Rifanfinancindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.