Rekomendasi Harga Emas 15 Mei 2020: Naik Tajam Karena Permintaan Safe-Haven

PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo – Harga emas naik pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Kamis kemarin. Permintaan “safe-haven” merangkak masuk kembali ke metal berharga pada minggu ini dengan pasar saham global menjadi sedikit goyah kembali.

Emas berjangka bulan Juni diperdagangkan naik $18.30 per ons pada $1,735.00. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 910.000,- per gram, naik Rp 2000,-

Laporan klaim pengangguran mingguan AS menunjukkan klaim yang baru sebanyak 2,98 juta orang diatas dari yang diperkirakan sekitar 2,5 juta orang. Angka ini masih menandakan penurunan dari angka-angka pengangguran mingguan sebelumnya.

Pasar saham bervariasi mengarah ke melemah dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah turun pada saat perdagangan sesi New York dimulai. Para trader dan investor terus mengamati dan menganalisa situasi Covid-19 karena menyangkut ekonomi lokal, nasional sampai global. Sifat manusia nampaknya berjuang melawan peringatan dari para ahli kesehatan yang berarti orang yang telah dikurung selama dua bulan menjadi sangat ingin keluar dan kembali kepada kehidupan yang normal, walaupun pandemik masih jauh dari dibawah kontrol dan tidak ada vaksin yang kelihatan pada saat ini.

Hubungan AS dengan Cina tetap menjadi penggerak di pasar. Amerika Serikat pada minggu ini telah menuduh Cina telah menghack perusahaan-perusahaan AS yang sedang bekerja membuat vaksin Covid-19. Presiden Trump mengatakan pada hari Kamis bahwa Amerika Serikat bisa memutuskan semua hubungan dengan Cina. Melihat hubungan yang sudah begitu renggang saat ini diantara kedua negara Melihat hubungan yang sudah begitu renggang saat ini diantara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia ini, susah membayangkan mereka akan keluar dari krisis kesehatan ini tanpa perubahan yang dalam dan permanen dalam hubungan antara ke dua negara.

Kenaikan harga emas selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,735.50 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,750.37 dan kemudian $1,788.80. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan $1,710.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,700.00 dan kemudian $1,692.00. PT Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.