Rekomendasi Harga Emas 13 Mei 2020: Naik Ditengah Ancaman Turun

PT Rifan Financindo

Rifan Financindo – Harga emas diperdagangkan naik pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat. Kelihatannya permintaan “safe-haven” telah kembali kepada metal berharga ini ditengah perubahan pendapat pasar mengenai kecepatan pemulihan ekonomi setelah meredanya pandemik karena Covid-19.

Emas berjangka bulan Juni terakhir naik $10.80 per ons pada $1,708.80. Sementara emas Antam ditawarkan beli pada Rp 903.000,- turun Rp 8000,- per gram.

Pasar saham global bervariasi dalam rentang yang sempit dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah sedikit turun ketika perdagangan sesi New York dimulai. Para trader dan investor sedang menilai ulang konsekwensi pasar dari gelombang kedua Covid-19 yang sangat mungkin terjadi dengan ekonomi global utama mulai membuka kembali bisnis mereka dan transportasi infrastruktur.

Sentimen meningkat bahwa pemulihan ekonomi akan lebih lambat daripada yang semula diperkirakan dan sudah diperhitungkan dalam harga termasuk rally yang solid dibanyak indeks saham global. Jika pendapat pasar terus bergerak ke melambatnya pemulihan ekonomi, kemungkinan banyak pasar khususnya pasar saham, akan harus melakukan beberapa penghitungan ulang harga kearah penurunan.

Sementara itu, kedepannya masih ada tekanan dari prediksi akan naiknya kembali dolar AS yang disebabkan oleh sentimen pasar yang kembali memburuk yang disebabkan karena ketakutan dalam membuka kembali ekonomi AS. Anthony Fauci, dokter yang memimpin di dalam pemerintahan Donald Trump akan bersaksi di Senat AS dan kemungkinan akan memperingati bahwa mengangkat “lockdown” terlalu cepat bisa menyebabkan penderitaan yang tidak perlu. Hal ini akan membuat sentimen pasar menjadi buruk dan selanjutnya menaikkan kembali dolar AS. Demikian juga meningkatnya ketegangan hubungan AS dengan Cina dimana Donald Trump mengancam akan membatalkan kesepakatan mendukung dolar AS juga.

Kenaikan dolar AS pada gilirannya akan memberikan tekanan turun terhadap harga emas.

Kenaikan harga emas selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $1,715.80 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,725.00 dan kemudian $1,756.80. Sedangkan penurunan harga emas akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,694.01 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $1,684.98 dan kemudian $1,661.04. Rifan Financindo.

Sumber : Vibiznews

Tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.